PENGARUH MODEL (TPS) THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

DESY NOPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0064

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Banyak masalah yang terjadi sekarang ini di dalam proses pembelajaran seperti kurangnya model dan media pembelajaran yang di gunakan sehingga membuat siswa merasa jenuh dan kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang sebelum penggunaan model TPS (Think Pair Share) dengan media visual, (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang sesudah penggunaan model TPS (Think Pair Share) dengan media visual, (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran model TPS (Think Pair Share) terhadap kemampuan siswa menghitung keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian kelas III SDN Kepatihan 3 Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Menggunakan instrumen berupa RPP, dan test belajar siswa. Dari hasil penelitian di dapatkan ada perbedaan model Think Pair Share (TPS) dengan media visual terhadap kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Kepatihan 3 Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata sebelum perlakuan 67,68 dan nilai rata-rata setelah perlakuan 81,82 dimana KKM disekolah tersebut 70,00. Serta ada pengaruh model (TPS) Think Pair Share dengan media visual pada penguasaan materi menghitung keliling persegi dan persegi panjanag ini dapat dilihat dari hasil uji t paired sampel test adapun hasilnya t-hitung > t-tabel yaitu 7.089 > 2.042. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III yang menggunakan model Think Pair Share (TPS) dan media visual dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model dan media. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan di dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model dan media guru kelas terlebih dahulu harus mempunyai kemauan dan motivasi yang bagus agar tercapainya hasil belajar yang maksimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI