PENERAPAN MODEL CTL DIDUKUNG MEDIA VISUAL PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN MENGENAL BILANGAN BERSAMA TEMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BILANGAN 1-5 PADA SISWA KELAS I DI SDN PRANGGANG I TAHUN 2014-2015


Author (Penulis)

DESTALINA SUPTINING INDRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0062

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa pasif. Dengan adanya variasi metode dan media pembelajaran guru belum bisa melaksanakan maksimal. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan melakukan mengenal bilangan 1-5 sebelum menggunakan model pembelajaran CTL didukung media visual (2) untuk mengetahui kemampuan mengenal bilangan 1-5 setelah menggunakan model pembelajaran CTL didukung media visual (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL didukung media visual terhadap kemampuan mengenal bilangan 1-5. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas I SDN Pranggang I yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dengan menggunakan metode eksperimen desain tanpa kelompok pembanding yang dilakukan hanya terdapat satu kelompok dan Instrumen yang digunakan perangkat pembelaran yang di dalamnya terdapat tes. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pretest dari 32 siswa yaitu 68,80 sedangkan hasil dari rata-rata nilai post test 32 siswa yaitu 85,75 .Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari ,961>0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua test (pretest dan posttest) yaitu lebih tinggi nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adaPenerapan Model CTL didukung Media Visual pada kegiatan pembelajaran mengenal bilangan bersama teman terhadap kemampuan mengidentifikasi bilangan 1-5 pada Siswa kelas I SDN Pranggang I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015,Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: model CTL ,Media Visual kegiatan pembelajaran mengenal bilangan bersama teman.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI