PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN BULU II KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DERIA EGA FITRIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0061

Abstract

DERIA EGA FITRIAWATI: Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SDN Bulu II Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari kurangnya pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang cenderung menerapkan metode ceramah, didominasi oleh guru dan berlangsung satu arah. Sehingga siswa menjadi kurang aktif berpatisipasi dalam pembelajaran dan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa cenderung rendah. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas IV SDN Bulu II Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimanakah pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan sesudah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas IV SDN Bulu II Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Thin Pair Share terhadap pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Bulu II Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-experimental bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Sebelum dilakukan uji t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas varian. Dari hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai tes siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share=53,78 dan rata-rata nilai tes siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share=83,11. Dari perhitungan uji t diperoleh thitung= 11,74 dan ttabel dengan df/db=17 diperoleh angka 2,110 untuk taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Think Pair Share terhadap pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran Think Pair Share sebagai alternatif pembelajaran matematika, (2) Hendaknya siswa lebih aktif dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share sehingga siswa dapat mengolah dan mengaplikasikan konsep materi yang diperoleh melalui pengetahuannya sendiri. Kata Kunci : Think Pair Share, pemahaman konsep, penjumlahan dan pengurangan pecahan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI