PENGARUH MEDIA PAPAN PETA DALAM MODEL STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN GAYAM KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DENI WAHYUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0059

Abstract

Deni Wahyudi: 2016. Pengaruh Media Papan Peta dalam Model Student Teams-Achievent Devisions (STAD) terhadap Kemampuan Menjelaskan Keberagaman Suku dan Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN Gayam Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi,PGSD,FKIP UN PGRI Kediri 2016. Rendahnya prestasi dalam kemampuan kususnya menjelaskan siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Gayam Kediri, pada materi keragaman suku dan budaya bangsa di Indonesia disebabkan guru menciptakan kondisi pembelajaran monoton. Selain itu guru tidak menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan inovatif serta media pembelajaran yang konkret. Penerapan model pembelajaran STAD didukung dengan media pembelajaran Papan Peta dijadikan alternatif dalam menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga siswa akan lebih aktif dalam belajar tentang materi keragaman suku dan budaya bangsa di Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan kemampuan menjelaskan keberagaman budaya Indonesia dengan menggunakan model Student Teams-Achievement Devisions (STAD) tanpa didukung dengan media Papan Peta pada siswa kelas V SDN Gayam 1 Kabupaten Kediri.(2)Untuk mendeskripsikan kemampuan menjelaskan keberagaman budaya Indonesia dengan menggunakan model Student Teams-Achievement Devisions (STAD) dengan media Papan Peta pada siswa kelas V SDN Gayam 1 Kabupaten Kediri. (3)Untuk mendeskripsikan seberapa signifikan pengaruh penggunaan media Papan Peta dalam model Student Teams-Achievement Devisions (STAD) terhadap kemampuan menjelaskan keberagaman budaya Indonesia kelas V SDN Gayam 1 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif (numerik).Sumber data penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu (1) Tes, (2) Observasi, (3) Wawancara. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan (1)Kemampuan menjelaskan keragaman suku dan budaya Indonesia pada kelas V SDN 1 Gayam Kecamatan Gurah dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devisions (STAD) didukung dengan Media Papan Peta, dengan ketuntasan terhadap KKM mencapai di-atas 75% (tepatnya 83%) dengan rata-rata 81,5.(2)Kemampuan menjelaskan keragaman suku dan budaya Indonesia pada kelas V SDN 1 Gayam Kecamatan Gurah dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devisions (STAD) didukung dengan Media Papan Peta, dengan ketuntasan terhadap KKM mencapai kurang dari 75% (tepatnya 74%) dengan rata-rata 72,5 (3)Ada pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devisions (STAD) dengan didukung media Papan Peta dibanding model pembelajaran Student Teams-Achievement Devisions (STAD) tanpa didukung dengan media Papan Peta terhadap kemampuan menjelaskan keberagaman suku dan budaya Indonesia pada kelas V SDN 1 Gayam Kecamatan Gurah. Kata Kunci: Kooperatif, Student Teams-Achievent Devisions (STAD) Media Papan Peta, Menjelaskan, Belajar,Keragaman Suku dan Budaya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI