PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL TGT DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI DI KELAS IV SDN BURENGAN 4 KEDIRI


Author (Penulis)

DEDI PEBRY PERMANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0055

Abstract

Dari hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan memahami siswa pada materi hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model konvensional didukung media tiga dimensi pada siswa kelas IV SDN Burengan 1 Kediri. 2) untuk mengetahui kemampuan memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya dengan menggunakan model TGT (Teams Games Tournament) didukung media 3 dimensi pada siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kediri. 3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya antara siswa yang diajar menggunakan model TGT didukung media tiga dimensi dengan siswa yang di ajar menggunakan model konvensional didukung media tiga dimensi. Metode penelitian ini menggunakan desain quasi experimen, dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini, subjek penelitian diambil dari siswa kelas IV SDN Burengan 1 sejumlah 20 siswa yang dijadikan kelompok kontrol dan SDN Burengan 4 sejumlah 30 siswa yang dijadikan kelompok eksperimen, sehingga total keseluruhan subjek penelitian 50 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa yang diajar dengan model konvensional didukung media 3 dimensi masih memperoleh nilai di bawah ketuntasan hasil belajar dengan hasil belajar rata-rata sebesar 69,05 sebanyak 14 siswa. 2) siswa yang diajar dengan model teams games tournament didukung media 3 dimensi sudah mencapai ketuntasan hasil belajar dengan hasil belajar rata-rata sebesar 77,96 sebanyak 26 siswa. 3) ada perbedaan kemampuan memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya antara siswa yang di ajar menggunakan model teams games tournament didukung media 3 dimensi dengan siswa yang di ajar menggunakan model konvensional didukung media 3 dimensi Kata kunci: Model TGT (Teams Games Tournament), Media 3 Dimensi, Kemampuan Memahami

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI