PENGARUH MODEL WEBBED DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEKHASAN BANGSA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN PADANGAN III


Author (Penulis)

CORNELIA WIDASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0053

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PKn di Sekolah Dasar masih didominasi guru. Akibatnya, iklim di dalam kelas sangat membosankan dan menyebabkan siswa menjadi malas untuk belajar. Siswa lebih sering menjadi pendengar sehingga mereka kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam mengenal kekhasan bangsa Indonesia tanpa menggunakan Model Webbed dan bantuan Media Visual pada siswa kelas III semester 2 di SDN Padangan III Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam mengenal kekhasan bangsa Indonesia dengan menggunakan Model Webbed dan bantuan Media Visual pada siswa kelas III semester 2 di SDN Padangan III Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015? (3) Adakah pengaruh penggunaan Model Webbed dengan bantuan Media Visual terhadap kemampuan siswa dalam mengenal kekhasan bangsa Indonesia pada siswa kelas III semester 2 di SDN Padangan III Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini dilaksanakan di SDN Padangan III Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri dengan subyek penelitian kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan materi kekhasan Bangsa Indonesia. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diketahui perbedaan mean antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 70,5 dan 88,3. Dapat diketahui bahwa dengan penerapan model webbed dengan bantuan media visual nilai rata- rata kelas menjadi tinggi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengenal kekhasan Bangsa Indonesia tanpa menggunakan model webbed dan tanpa bantuan media visual pada siswa kelas III SDN Padangan III Kecamatan Kayen Kidul rendah. (2) Kemampuan mengenal kekhasan Bangsa Indonesia dengan menggunakan model webbed dengan bantuan media visual pada siswa kelas III SDN Padangan III Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri tinggi. (3) Ada pengaruh penggunaan model webbed dengan bantuan media visual terhadap kemampuan mengenal kekhasan Bangsa Indonesia pada kelas III SDN Padangan III Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Kata kunci: terpadu, webbed, kekhasan Bangsa Indonesia

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI