PENGARUH MODEL TREFFINGER DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PENGARUH GAYA GRAVITASI DARI PERCOBAAN YANG DILAKUKAN TERHADAP PENGETAHUAN GAYA GRAVITASI PADA SISWA KELAS IV SD PAWYATAN DAHA


Author (Penulis)

CINDY NOVIA ARINTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0052

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pengajaran IPA pada siswa sekolah dasar untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan alam dalam kehidupan sehari-hari. Namun terdapat hal yang menjadi kendala yaitu keterbatasan model serta media dalam menyampaikan pelajaran IPA. Dalam pembelajaran salah satu hal yang terpenting adalah model yang dapat mengatasi suasana pembelajaran yang tidak kondusif sehingga siswa menjadi pasif. Salah satu model yang bisa mengatasi permasalahan yang ada adalah Model Treffinger yang membuat siswa dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi suatu masalah dan menemukan konsep atau gagasan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengetahuan gaya gravitasi tanpa menggunakan model Treffinger dengan media benda konkrit dalam kegiatan pembelajaran pengaruh gaya gravitasi dari percobaan yang dilakukan? (2) Bagaimanakah pengetahuan gaya gravitasi menggunakan model Treffinger dengan media benda konkrit dalam kegiatan pembelajaran pengaruh gaya gravitasi dari percobaan yang dilakukan? (3) Adakah pengaruh model Treffinger dengan media benda konkrit dalam kegiatan pembelajaran pengaruh gaya gravitasi dari percobaan yang dilakukan? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 1 yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 78. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental yang berupa Posstest Only Design dengan instrument penelitian menggunakan instrument pembelajaran lengkap dan tes berupa post-test. Dari analisis data, diperoleh simpulan (1) Siswa kelas kontrol yang melakukan pembelajaran tanpa menggunakan model Treffinger dengan media benda konkrit memiliki pengetahuan gaya gravitasi yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas eksperimen yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger dengan media benda konkrit. Hal ini dapat dilihat dari data perolehan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 81,46 sedangkan kelas eksperimen sebesar 91,17. (2) Dari Uji-t yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Treffinger dengan media benda konkrit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan gaya gravitasi pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 1.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI