PENGARUH MODEL STAD DIDUKUNG MEDIA REALIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH PADA SISWA KELAS V SDN BANGSONGAN 2 SEMESTER 2 KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

CHRISTINA BETTY ARISANDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0051

Abstract

Arisandi, Christina Betty. 2015. Pengaruh Model STAD Didukung Realia Gambar Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-Jenis Tanah Pada Siswa Kelas V SDN Bangsongan 2 Semester 2 Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan S1 PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa hasil belajar siswa masih belum memuaskan. Kondisi ini diduga karena proses pembelajaran yang dilaksanakan kurang menarik minat siswa dan siswa cenderung bosan saat melaksanakan pembelajaran. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai materi yang sedang dipelajarinya, sehingga menyebabkan hasil belajar yang dicapai menjadi kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain nonrandomized control group pretest-posttest design (pretes-postes grup kontrol tidak secara random). Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Bangsongan 2 Semester 2 Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model STAD didukung media realia memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah. (2) Penggunaan model STAD didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan namun dengan ketuntasan yang rendah terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah. (3) ada perbedaan antara model STAD didukung media realia dibanding model STAD didukung media gambar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang mampu membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari materi pelajaran sehingga mempermudah siswa terhadap materi pelajaran.(2) Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah model STAD didukung media realia. Kata Kunci: STAD, realia, gambar, mengidentifikasi jenis-jenis tanah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI