PENGARUH METODE DISCOVERY DIDUKUNG MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ENERGI PANAS DAN BUNYI SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA


Author (Penulis)

CHALID BARKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0050

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD/MI masih bersifat satu arah yang didominasi oleh guru. Akibatnya siswa menjadi pasif dan kesulitan dalam memahami materi yang dipelajari dan membuat hasil belajar siswa sangat rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian mengajukan 3 rumusan masalah sebagi berikut, (1) apakah penggunaan metode ceramah didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi siswa kelas IV MI Miftahul Huda? (2) apakah penggunaan metode discovery didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi siswa kelas IV MI Miftahul Huda? (3) adakah perbedaan penggunaan metode ceramah didukung media nyata dengan penggunaan metode discovery didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi siswa kelas IV MI Miftahul Huda? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Kabupaten Blitar. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, dan test berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Berdasarkan uji homogenitas, salah satu sampel tidak homogen, oleh karena itu untuk menguji hipotesis digunkan uji statistik non parametrik, yaitu uji Wilcoxon mached pairs untuk menguji hipotesis 1 dan 2, sedangkan untuk uji hipotesis 3 menggunakan uji Mann-Whitney u test. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh penggunaan metode ceramah dengan media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi siswa kelas IV MI Miftahul Huda, dapat dilihat dari pvalue (0,001) < p dengan taraf signifikan 5% (0,005). (2) Ada pengaruh penggunaan metode discovery dengan media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi siswa kelas IV MI Miftahul Huda, dapat dilihat dari pvalue (0,000) < p dengan taraf signifikan 5% (0,005). (3) ada perbedaan penggunaan metode ceramah didukung media nyata dibandingkan metode discovery didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi siswa kelas IV MI Miftahul Huda dapat dilihat dari pvalue (0,000) < p dengan taraf signifikan 5% (0,005). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan metode discovery didukung media nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi siswa kelas IV MI Miftahul Huda. Kata Kunci : Pengaruh, Metode discovery, media nyata,hasil belajar,mengidentifikasi energi panas dan bunyi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI