Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Media Poster Terhadap Kemampuan Membedakan Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat Berdasarkan Pengamatan Pada Siswa Kelas III SDN Bangkok 1 Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

BRIAN PRADANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0048

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan siswa kelas III SDN Bangkok 1 dalam membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan dengan model pembelajaran konvensional (2) Kemampuan siswa kelas III SDN Bangkok 1 dalam membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan dengan model pembelajaran Example Non Example dengan media Poster (3) Perbedaan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Example Non Example dengan media Poster dibandingkan dengan setelah diterapkan metode pembelajaran konvensional (4) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Example Non Example dengan media Poster. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III SDN Bangkok 1 dengan rombongan belajar A dan B Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar pengamatan kemampuan guru, dan test berupa soal isian dan uraian. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa kelas III SDN Bangkok 1 masih rendah dengan diterapkan model pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai 11,1% (2) hasil belajar siswa kelas III SDN Bangkok 1 cukup baik dengan diterapkan model pembelajaran Example Non Example dengan media Poster, dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai 88,9% (3) ada perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Example Non Example dengan media Poster dengan model pembelajaran konvensional, Hal ini dapat terbukti dari nilai signifikan (sig) yang telah terlihat. Setelah dianalisis menggunakan prosedur yang ada di sofware SPSS versi 16.0 for Window dapat diketahui nilai signifikan 0,109, sedangkan alfa sebesar 0,05 (5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example dengan media Poster terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Bangkok 1 (4) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Example Non Example dengan media Poster sudah baik, dilihat dari analisis secara keseluruhan selama 3 kali pertemuan. Langkah-langkah model pembelajaran Example Non Example dengan media Poster sudah dilaksanakan dengan baik mencapai 80%. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Example Non Example, Media Poster, Hasil Belajar, Membedakan Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat Berdasarkan Pengamatan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI