PENGARUH MODEL TIME TOKEN DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS III JARAK I KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUNPELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

BEKTI SETIYA AMBARSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0044

Abstract

PENGARUH MODEL TIME TOKEN DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS III JARAK I KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUNPELAJARAN 2014 / 2015 BEKTI SETIYA AMBARSARI 11.1.01.10.0044 FKIP – PGSD Etty926@gmail.com Dr. Andri Pitoyo, M.Pd dan Alfi Liala, S.Pd.I M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariatif oleh guru terutama pada pembelajaran IPA disekolah dasar masih sangat rendah. Proses pembelajaran masih didominasi oleh peran guru. Guru belum menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat dalam penyampaian materi pembelajaran. Hal tersebut disebabkan kurangnya mengetahui macam-macam model dan media yang menyenangkan. Kondisi ini menyebabkan siswa jenuh,bosan dan malas mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) mengetahui pengaruh model Example Non-Example didukung media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat (2) mengetahui pengaruh model Time Token didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat (3) adakah pengaruh penggunaan model Example Non-Example didukung media audiovisual dibandingkan model Time Token didukung media visual gambar terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Jarak I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan design Pre Eksperimental Design yaitu Intact group comperation. Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes, sedangkan instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Jarak I. Teknik Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menguji uji-t pada taraf signifikan 5%.Hasil analisis data yang di peroleh menunjukan bahwa thitung 2,37639 (pembulatan 2,376)> ttabel (2,021) , di nilai rata – rata kelas 79,09 > 75 (KKM). Sedangkan hasil penelitian pengaruh model Example non example didukung media audiovisual terhadap kemampuan siswa membedakan ciri–ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Jarak 2 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014 / 2015, dinyatakan kurang menguasai.Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata–rata siswa kurang dari 75 (KKM) yaitu 67,04. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Time Token didukung media visual terhadap kemampuan siswa membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Jarak I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Hal tersebut berdasarkan perolehan dari thitung2,376 dan ttabel db 42 sebesar ( 2,021 ). Sehingga hipotesis nol ( Ho ) ditolak pada taraf signifikan 5% dan hipotesis kerja ( Ha ) terbukti benar. Kata kunci : Model Time Token, media visual, kemampuan membedakan ciri-ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI