PENGARUH MODEL TIME TOKEN DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS III JARAK I KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUNPELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
BEKTI SETIYA AMBARSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0044
Abstract
PENGARUH MODEL TIME TOKEN DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP
KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN
LINGKUNGAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS III JARAK I KECAMATAN
PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUNPELAJARAN 2014 / 2015
BEKTI SETIYA AMBARSARI
11.1.01.10.0044
FKIP – PGSD
Etty926@gmail.com
Dr. Andri Pitoyo, M.Pd dan Alfi Liala, S.Pd.I M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa penggunaan
model pembelajaran yang bervariatif oleh guru terutama pada pembelajaran IPA disekolah dasar
masih sangat rendah. Proses pembelajaran masih didominasi oleh peran guru. Guru belum
menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat dalam penyampaian materi pembelajaran.
Hal tersebut disebabkan kurangnya mengetahui macam-macam model dan media yang menyenangkan. Kondisi ini menyebabkan siswa jenuh,bosan dan malas mengikuti pelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) mengetahui pengaruh model Example
Non-Example didukung media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat (2) mengetahui pengaruh model Time Token didukung
media visual berpengaruh terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat (3) adakah pengaruh penggunaan model Example Non-Example didukung
media audiovisual dibandingkan model Time Token didukung media visual gambar terhadap
kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN
Jarak I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan design Pre
Eksperimental Design yaitu Intact group comperation. Teknik penelitian yang digunakan untuk
mengumpulkan data berupa tes, sedangkan instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda
sebanyak 20 butir soal. Dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Jarak I.
Teknik Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menguji uji-t pada
taraf signifikan 5%.Hasil analisis data yang di peroleh menunjukan bahwa thitung 2,37639 (pembulatan
2,376)> ttabel (2,021) , di nilai rata – rata kelas 79,09 > 75 (KKM). Sedangkan hasil penelitian
pengaruh model Example non example didukung media audiovisual terhadap kemampuan siswa
membedakan ciri–ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Jarak 2
Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014 / 2015, dinyatakan kurang
menguasai.Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata–rata siswa kurang dari 75 (KKM) yaitu
67,04.
Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Time Token didukung
media visual terhadap kemampuan siswa membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak
sehat siswa kelas III SDN Jarak I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014 /
2015. Hal tersebut berdasarkan perolehan dari thitung2,376 dan ttabel db 42 sebesar ( 2,021 ). Sehingga
hipotesis nol ( Ho ) ditolak pada taraf signifikan 5% dan hipotesis kerja ( Ha ) terbukti benar.
Kata kunci : Model Time Token, media visual, kemampuan membedakan ciri-ciri Lingkungan Sehat
dan Tidak Sehat