PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN DURENAN II TRENGGALEK


Author (Penulis)

BANGKIT AGUNG NUGRAHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0042

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Bangkit Agung. 2015 .Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Terhadap Kemampuan Memahami Hubungan Antara Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya di Kelas IV SDN Durenan 2 Trenggalek tahun pelajaran 2015/2016.Skripsi,Jurusan S1 PGSD,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Nusantara PGRI Kediri. Pembimbing: (I) Drs. Yatmin, M.Pd, (II) Drs. Sigit Widiatmoko,M.Pd. Kata Kunci : Model TGT, Hasil Belajar, Bagian-Bagian Tumbuhan Materi pembelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk memahami konsep dan juga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada dasarnya materi pembelajaran IPA mempelajari hal-hal yang ada disekitar siswa.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada materi Bagian-bagian Tumbuhandi kelas IV SDN Durenan 2 Trenggalek diketahui bahwa; (1) pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru (teacher center) dan monoton; (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran;(3) aktivitas belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan siswa sebelum menggunakan model pembelajaran TGT; (2) kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran TGT(3) pengaruh penggunaan model TGT terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Durenan 2 Trenggalek materi Struktur dan fungsi tumbuhan. Model TGT memungkinkan siswa untuk saling bertukar informasi kepada rekannya, sehingga dengan model ini, siswa tidak hanya diasah pengetahuan saja, namun juga keterampilan menyampaikan informasi kepada orang lain.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Penelitian Eksperiment dengan desain Pre Experimental Design : One Group Pretest-Posttest, dengan subjek penelitian 25 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistika dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan, sebelum menggunakan model TGT, rata-rata klasikal kelas sebesar 59,3 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 12%, sedangkan rata-rata klasikal kelas setelah menggunakan model TGT sebesar 74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Dengan demikian, model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi bagian-bagian tumbuhan. Sementara dari analisis uji t-test diperoleh nilai thitung = 9,607 yang lebih besar dari ttabel = 2,059 pada taraf kesalahan 5% sehingga dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model TGT terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Durenan 2 Trenggalek materi Struktur dan bagian-bagian tumbuhan. Model TGT tidak hanya dapat digunakan pada mata pelajaran IPA, namun dapat juga digunakan pada mata pelajaran yang lain.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI