PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHATPADA SISWA KELAS III SDN BANYUANYAR KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

AYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0040

Abstract

PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHATPADA SISWA KELAS III SDN BANYUANYAR KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016 AYUNINGTYAS 11.1.01.10.0040 FKIP – Pendidikan Guru Sekolah Dasar Email : ayue_chubby76@yahoo.com Dra. Endang Sri Mujiwati M.Pd1 dan Mumun Nurmilawati, S.Pd.,M.Pd2 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi peneliti, bahwa proses pembelajaran di sekolah pada umumnya cenderung abstrak dan guru tidak menggunakan media dalam menyampaikan materi. Guru menerapkan pembelajaran konvensional. Siswa hanya duduk, mendengarkan, mencatat, dan selanjutnya tugas. Guru juga tidak menampilkan media yang menarik perhatian siswa. Oleh karena itu, konsep-konsep materi kurang bisa dipahami siswa utamanya pada materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat sebelum menggunakan media video, dan setelah menggunakan media video, pengaruh media video terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat pada siswa kelas III SDN Banyuanyar Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP Penelitian ini dilaksanakan di SDN Banyuanyar Kediri, kelas III semester 1 tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilhan ganda 10 soal. Validitas tes dihitung dengan menggunakan SPSS 16 for windows yaitu One Sample T test. Kofesiensi realibilitas tes = 0,595 ini dihitung dengan menggunakan MS.Exel. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh dari df = 29 dengan taraf signifikan 1% yang berarti tingkat signifikan 0.000< 0.01. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ada pengaruh sangat signifikan media video terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat pada siswa kelas III SDN Banyuanyar Kediri tahun 2015 maka, H1 yang menyatakan terdapat pengaruh media video terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran video kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat pada siswa kelas III SDN Banyuanyar Kediri tahun 2015/2016. Hal ini dapat dibuktikan dengan kenaikan nilai rata-rata kelas dari sebelum menggunakan media video sebesar 48,3 menjadi 77,6 setelah menggunakan media video. Kata kunci: ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, media video.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI