PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA GAYA, GERAK, ENERGI PADA SISWA KELAS V SD PAWYATAN DAHA


Author (Penulis)

AYU WULAN MARDIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0039

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA menekankan pada penguasaan sejumlah fakta dan konsep pada kehidupan sehari-hari. Namun terdapat hal yang menjadi kendala yaitu keterbatasan pendekatan pembelajaran serta media pembelajaran dalam menyampaikan pelajaran IPA. Salah satu hal yang terpenting dalam pembelajaran adalah adanya pendekatan pembelajaran yang dapat mengatasi suasana pembelajaran yang tidak kondusif sehingga siswa menjadi pasif. Salah satu pendekatan pembelajaran yang bisa mengatasi permasalahan yang ada adalah Pendekatan Scientific karena dalam pendekatan ini siswa akan melakukan sebuah percobaan sesuai dengan materi sehingga siswa akan lebih berantusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Selain pendekatan pembelajaran media pembelajaran juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Dengan menggunakan media yang tepat dapat mempermudah siswa untuk memahami materi. Penggunaan media nyata dalam penelitian ini sangat cocok karena media nyata dipadukan dengan pendekatan scientific yang di dalamnya ada kegiatan percobaan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan pendekatan scientific didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha? (2) Apakah penggunaan pendekatan scientific didukung media nyata berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha? (3) Adakah perbedaan antara penggunaan pendekatan scientific didukung media gambar dibandingkan dengan penggunaan pendekatan scientific didukung media nyata terhadap kemampuan mendiskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi pada siswa kelas V SD Pawyatan Daha?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Pawyatan Daha yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 78. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental yang berupa Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design dengan instrument penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran yang di dalamnya terdapat tes. Berdasarkan analisis data, (1) Pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan scientific didukung media gambar memiliki nilai rata-rata sebesar 79.02. (2) Pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan scientific didukung media nyata memiliki nilai rata-rata sebesar 86.13. Pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan Scientific didukung media gambar memiliki pengetahuan hubungan antara gaya, gerak dan energi yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Scientific didukung media nyata. Hal ini dapat dilihat dari data perolehan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 79.02, sedangkan kelas eksperimen sebesar 86.13. (3) Berdasarkan taraf signifikan 5% hasil angka signifikansi (2-tailed) 0,000 berarti lebih rendah dari 0,05 (0,000<0,05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Pendekatan Scientific didukung Media Nyata Terhadap Kemampuan Mendiskripsikan Hubungan antara Gaya, Gerak dan Energi pada Siswa kelas V SD Pawyatan Daha. Kata Kunci : Pendekatan Scientific, Media Nyata, Hubungan Antara Gaya, Gerak dan Energi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI