PENGARUH MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN MAKHLUK HIDUP SECARA SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN GAYAM 3 KOTA KEDIRI TAHUN 2014/2015
Author (Penulis)
AYU MUSTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0036
Abstract
PENGARUH MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN MAKHLUK HIDUP SECARA
SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN GAYAM 3
KOTA KEDIRI TAHUN 2014/2015
AYU MUSTIKA SARI
11.1.01.10.0036
FKIP-PGSD
ayyumustikaa@gmail.com
1 Dra. Endang Sri Mujiwati M.Pd 2 Mumun Nurmilawati, S.Pd.,M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI Kediri
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi peneliti, bahwa kegiatan belajar mengajar di sekolah pada umumnya cenderung monoton dan tidak menarik. Guru kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, guru terlihat hanya menyampaikan materi dengan metode ceramah saja dan tidak menggunakan media yang menarik, sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar dan ini akan menimbulkan materi pelajaran yang diajarkan oleh guru akan dianggap sulit oleh siswa terutama pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menggolongkan makhluk hidup khususnya pada tumbuhan secara sederhana tanpa menggunakan model pembelajan inkuiri dengan media mapping, dengan menggunakan model pembelajan inkuiri dengan media mapping, pengaruh menggunakan model pembelajan inkuiri dengan media mapping pada siswa kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri tahun 2014-2015 Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gayam 3 Kediri, kelas III semester 1 tahun ajaran 2014-2015.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk isian 20 soal. Validitas tes dihitung dengan menggunakan MS. Exel dikatakan valid apabila rhitung > rtabel, dengan rtabel = 0,349. Kofesiensi realibilitas tes = 0,716 ini dihitung dengan menggunakan MS.Exel. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan dan derajat kebebasan (db) = 29.
Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh t_hitung (6,966) > t_tabel (1,699), maka H1 yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media mapping terhadap kemampuan menggolongkan makhluk hidup khususnya pada tumbuhan secara sederhana pada siswa kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri tahun 2014-2015. Hal ini dapat dibuktikan dengan kenaikan nilai rata-rata kelas dari sebelum menggunakan model inkuiri dengan media mapping sebesar 66,5 menjadi 77,5 setelah menggunakan model inkuiri dengan media mapping. Hal ini juga dibuktikan dari thitung sebesar 6,966 dan ttabel dengan db 29 sebesar 1,699. Hal ini menjelaskan bahwa thitung ? ttabel yaitu 6,966 ? 1,699, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak pada taraf signifikansi 5% dan hipotesis kerja (Ha) terbukti benar.
Kata kunci: model Inkuiri, media mapping, penggolongan makhluk hidup.