PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW II TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LEMBAGA – LEMBAGA NEGARA DALAM SUSUNAN PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT PADA SISWA KELAS IV SDN BANDAR LOR I KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN 2014/2015


Author (Penulis)

AWAN YULI ARDIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0034

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah karena guru hanya menggunakan model pembelajaran yang monoton dan hanya ceramah saja dalam pembelajaran PKn, hal ini membuat siswa menjadi bosan, karena hanya mendengarkan dan hafalan dari penjelasan yang diberikan guru mereka, Dimana guru lebih dominan dalam pembelajaran, akibatnya hasil belajar siswa sangat berpengaruh pada ilmu yang mereka dapat dan nilainya pun tidak bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah kemampuan mengenal lembaga – lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Bandar Lor I Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sebelum menggunakan model pembelajaran kooperative tipe jigsaw II Tahun 2014/2015. (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal lembaga – lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Bandar Lor I Kecamatan Mojoroto Kota Kediri setelah menggunakan model pembelajaran kooperative tipe jigsaw II Tahun 2014/2015. (3) Apakah model pembelajaran kooperative tipe jigsaw II mempengaruhi kemampuan mengenal lembaga – lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Bandar Lor I Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan “Random Terhadap Subjek”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bandar Lor I dengan jumlah 23 orang siswa. Sampel penelitian ditetapkan pada semua siswa kelas IV SDN Bandar Lor I yang terdiri dari 23 siswa. Data tentang kemampuan kemampuan belajar PKn dikumpulkan dengan instrumen berupa tes. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan empat pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Data dianalisis dengan t-test berdasarkan taraf signifikan 5%. Hasil angka sig. (2-tailed) 0.018 berarti lebih kecil dari 0.05(0.018 <0.05) dengan demikian Ho ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperative tipe jigsaw II terhadap kemampuan mengenal lembaga – lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SDN Bandar Lor I Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) sebelum diberikannya kegiatan pembelajaran dengan model kooperative tipe jigsaw II ternyata hasil belajar kemampuan PKn siswa rendah (2) melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model kooperative tipe jigsaw II terbuki dapat meningkatkan motivasi belajar PKn siswa (3) melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model kooperative tipe jigsaw II terbukti dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan PKn. Kata Kunci: model kooperative tipe jigsaw II, mengenal lembaga – lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI