PENGARUH MODEL WEBBED DENGAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KONDISI LINGKUNGAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KESEHATAN PADA SISWA KELAS III SD PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ASIH WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0032

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pengajaran IPA pada siswa sekolah dasar untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan alam dalam kehidupan sehari-hari. Namun terdapat hal yang menjadi kendala yaitu keterbatasan model serta media dalam menyampaikan pelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan tanpa menggunakan model webbed dengan media lingkungan pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kediri? 2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dengan menggunakan model webbed dengan media lingkungan pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kediri? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran webbed dengan media lingkungan terhadap kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kediri yang terdiri dari kelas III D dan III H. Penelitian ini menggunakan instrument pembelajaran lengkap dan tes berupa post-test. Berdasarkan analisis uji t diperoleh th=5,86 dan tt=2,045 untuk taraf signifikan 5%, maka dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya adalah “Ada pengaruh yang signifikan model webbed dengan media lingkungan terhadap kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kediri Tahun Ajaran 2014/2015” Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah guru diharapkan untuk menerapkan berbagai model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran bisa disesuaikan dengan karakteristik materi. Penggunaan model webbed dengan media lingkungan dapat memunculkan keaktifan siswa. Dengan melakukan observasi di lingkungan sekitarnya siswa lebih mengerti dan jelas dalam memahami materi kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, ini dikarenakan siswa belajar berdasarkan pengalaman langsung, karena itu pengajaran akan lebih bermakna dan menarik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI