EFEKTIVITAS MODEL GROUP INVESTIGATION DAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERMODIFIKASI DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KETERAMPILAN SISWA DALAM MENGANALISIS KEGIATAN EKSPLORASI LUAS DAN KELILING SEGITIGA SUB TEMA 2 PADA SISWA KELAS IV SDN BRENGGOLO 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ARUM PUTRI LIVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0030

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil survei peneliti bahwa pembelajaran matematika di SDN Brenggolo 1 Kabupaten Kediri masih didominasi oleh aktivitas hafalan. Akibatnya siswa kurang memahami konsep materi sehingga mengalami kesulitan saat menyelesaikan suatu masalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan eksplorasi luas dan keliling segitiga subtema 2 terhadap keterampilan menganalisis dengan model group investigation siswa kelas IV SDN Brenggolo 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? 2) Bagaimana kemampuan eksplorasi luas dan keliling segitiga subtema 2 terhadap keterampilan menganalisis dengan model group investigation termodifikasi dengan media tiga dimensi siswa kelas IV SDN Brenggolo 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015? 3) Apakah efektifitas model group investigation termodifikasi dengan media tiga dimensi lebih baik daripada model group investigation dalam kegiatan eksplorasi luas dan keliling segitiga subtema 2 terhadap keterampilan menganalisis siswa kelas IV SDN Brenggolo 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian True-Experimental bentuk Posttest-Only Control Group Design. Terdapat dua kelompok sampel yang dipilih secara random. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji t berpasangan. Sebelum dilakukan uji- t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar unjuk kerja dan sikap serta tes hasil belajar siswa. Dari analisis data, diperoleh rata-rata skor tes siswa yang menggunakan model group investigation x1 = 72,94 sedangkan yang menggunakan model group investigation termodifikasi dengan media tiga dimensi x2 = 80,83. Dari perhitungan dengan menggunakan uji t berpasangan diperoleh th = -5,09 dan tt = 1,671 untuk taraf signifikan 5% dengan df/db=60. Karena thitung < ttabel maka disimpulkan bahwa kemampuan eksplorasi menggunakan model group investigation tidak sama terhadap keterampilan siswa dalam menganalisis luas dan keliling segitiga sub tema 2 pada siswa kelas IV SDN Brenggolo 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, kemampuan eksplorasi menggunakan model group investigation termodifikasi dengan media tiga dimensi tidak sama terhadap keterampilan siswa dalam menganalisis luas dan keliling segitiga sub tema 2 pada siswa kelas IV SDN Brenggolo 1 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 dan efektivitas terhadap model group investigation tidak besar dibandingkan model group investigation termodifikasi dengan media tiga dimensi terhadap keterampilan siswa dalam menganalisis kegiatan eksplorasi luas dan keliling segitiga sub tema 2 pada siswa kelas IV SDN Brenggolo 1 Kabupaten Kediri. Kata kunci : group investigation, group investigation termodifikasi, media tiga dimensi, keterampilan menganalisis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI