PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIDUKUNG MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SEJARAH UANG SISWA KELAS III SDN TAMANAN KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ARIF HARIADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0029

Abstract

ABSTRAK Arif Hariadi. pengaruh model kooperatif tipe jigsaw didukung media benda konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang pada siswa kelas III SDN Tamanan Kec. Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015, Skipsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Kooperatif tipe jigsaw didukung media benda konkrit, Mengidentifikasi Sejarah Uang Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengidentifikasi sejarah uang menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model kooperatif tipe jigsaw. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw didukung media benda konkrit berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang siswa kelas III SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015 ? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa didukung media benda konkrit berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang pada siswa kelas III SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015 ? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw didukung media benda konkrit dibandingkan dengan Model Kooperatif tipe jigsaw tanpa didukung media benda konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang siswa kelas III SDN Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015 ? Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan posttest-Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tamanan Kec. Mojoroto Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model kooperatif tipe jigsaw didukung media benda konkrit berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menghargai mengidentifikasi sejarah uang, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (7,863) > ttabel (2,708). serta dengan ketuntasan mencapai 88,25% diatas KKM. (2) Penggunaan model kooperatif tipe jigsaw tanpa didukung media benda konkrit berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang, thitung (3,099) > ttabel (2,708) namun demikian ketuntasan masih kurang dari 75% terhadap KKM (tepatnya 40%) (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model kooeratif tipe jigsaw didukung media benda konkrit dibanding model kooperatif tipe jigsaw tanpa didukung media benda konkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi sejarah uang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI