PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MEDIA BENDA KONGKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT BENDA PADA SISWA KELAS III SDN MRICAN 1 KOTA KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

ARIA KURNIA SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0027

Abstract

ABSTRAK Aria Kurnia Saputra: Pengaruh Penggunaan Model Example Non Example Dengan Media Benda Kongkrit Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat Benda Pada Siswa Kelas III SDN Mrican I Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : Model Example Non Example, Kemampuan Mengidentifikasi sifat benda, Media Benda Kongkrit. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi berpusat pada guru yang aktif. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru yang belum maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sifat benda sebelum menggunakan model example non example dengan media benda kongkrit pada siswa kelas III SDN Mrican I ? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sifat benda sesudah menggunakan model example non example dengan media benda kongkrit pada siswa kelas III SDN Mrican I ? (3) Adakah pengaruh penggunaan model example non example dengan media benda kongkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat benda pada siswa kelas III SDN Mrican I ? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini 30 siswa dengan rincian jumlah siswa laki-laki 16 siswa dan perempuan 14 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tulis yaitu dalam bentuk pilahan ganda 20 soal. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus pearson product moment dikatakan valid apabila rhitung > rtabel, dengan rtabel = 0,444. Kofesiensi realibilitas tes = 0,902 ini dihitung dengan menggunakan rumus K-R.21 (Kuder – Richardson). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan dan derajat kebebasan (db) = 29. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (15,27) > ttabel( 2,045 ) dan nilai rata-rata kelas III sebelum menggunakan model example non example dengan media benda kongkrit (68,16) kurang dari nilai KKM (75) dan nilai kelas III sesudah menggunakan model example non example dengan media benda kongkrit (82,83) lebih dari nilai KKM (75). Artinya ada pengaruh penggunaan model example non example dengan media benda kongkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat benda pada siswa kelas III SDN Mrican I. Artinya ada pengaruh penggunaan model example non example dengan media benda kongkrit terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat benda pada siswa kelas III SDN Mrican I Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI