PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA BERDASARKAN PENGAMATAN SISWA KELAS III SDN GAYAM 2 KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ARI DWI KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa ditemukan ada sejumlah siswa kelas III di SDN Gayam 2 yang memiliki kemampuan rendah dalam pemahaman mengidentifikasi sifat-sifat benda. Dari 25 siswa, hanya ada 40% (10) siswa yang memiliki kemampuan ki atas KKM (70). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pemahaman mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan sebelum menggunakan model problem solving didukung media tiga dimensi pada siswa kelas III SDN Gayam 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 (2) untuk mendeskripsikan pemahaman mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan sesudah menggunakan model problem solving didukung media tiga dimensi pada siswa kelas III SDN Gayam 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 (3) untuk menjelaskan pengaruh model problem solving didukung media tiga dimensi terhadap pemahaman mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan pada siswa kelas III SDN Gayam 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III SDN Gayam 2 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan tanpa kelompok pembanding. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran yang di dalamnya terdapat tes. Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pretest dari 25 siswa yaitu 69,04 sedangkan hasil dari rata-rata nilai post test 25 siswa yaitu 84,72. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua test (pretest dan posttest) yaitu lebih tinggi nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem solving didukung media tiga dimensi terhadap pemahaman mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan pada siswa kelas III SDN Gayam 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI