Pengaruh Media Visual Dalam Model Jigsaw Pada Materi Sumber Daya Alam Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelas IV


Author (Penulis)

APRILLIA AYU PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0023

Abstract

Hasil pengamatan dilapangan menunjukkan bahwa guru jarang menggunakan media pembelajaran pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM), sehingga berakibat pada rendahnya aktifitas dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual dalam model jigsaw terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen, dengan sampel siswa kelas IV SDN Purwodadi 1 dan SDN Purwodadi II. Kemampuan menjelaskan diukur dengan post test dan data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model jigsaw dengan media visual dan model jigsaw tanpa media pada siswa kelas IV SDN Purwodadi 1 dan SDN Purwodadi II Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI