Pengaruh Media Visual Dalam Model Jigsaw Pada Materi Sumber Daya Alam Terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelas IV
Author (Penulis)
APRILLIA AYU PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0023
Abstract
Hasil pengamatan dilapangan menunjukkan bahwa guru jarang menggunakan media pembelajaran pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM), sehingga berakibat pada rendahnya aktifitas dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual dalam model jigsaw terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen, dengan sampel siswa kelas IV SDN Purwodadi 1 dan SDN Purwodadi II. Kemampuan menjelaskan diukur dengan post test dan data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model jigsaw dengan media visual dan model jigsaw tanpa media pada siswa kelas IV SDN Purwodadi 1 dan SDN Purwodadi II Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.