PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN METODE TEBAK KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN SIFAT BENDA, DAPAT DIAMATI AKIBAT DARI PEMBAKARAN, PEMANASAN DAN DILETAKKAN DI TEMPAT TERBUKA PADA SISWA KELAS III SDN BURENGAN 1 DAN SDN BURENGAN 4 TAHUN 2014 - 2015
Author (Penulis)
ANISAA' YURISTA NARASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0020
Abstract
Materi pembelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk memahami konsep dan juga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada materi Perubahan Sifat Benda kelas III SDN Burengan 4 Kediri diketahui bahwa; (1) pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru (teacher center) dan monoton; (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran; (3) aktivitas belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan siswa tanpa menggunakan model pembelajaran NHT dengan Metode Tebak Kata; (2) kemampuan siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan Metode Tebak Kata (3) pengaruh penggunaan model NHT dengan Metode Tebak Kata terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Burengan 4 materi perubahan sifat benda.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Penelitian Eksperiment dengan desain True Experimental Design : Pretest-Posttest Control Design, dengan subjek penelitian 71 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistika dengan menggunakan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata klasikal kelas yang diberi perlakuan 77,93 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 83%, sedangkan rata-rata klasikal kelas yang tidak diberi perlakuan sebesar 69,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 42%. Dengan demikian, model pembelajaran NHT dengan Metode Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa materiperubahan sifat benda. Sementara dari analisis uji t-test diperoleh nilai thitung = 3,008 yang lebih besar dari ttabel = 1,996 pada taraf kesalahan 5% dan ttabel= 2,652 pada taraf 1% dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model NHT dengan Metode Tebak Kata terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Burengan 4 materi perubahan sifat benda
Dari hasil penelitian ini, dapat dijadikan salah satu alternative guru ketika memilih strategi dalam kegiatan pembelajaran. Model NHT dengan Metode Tebak Kata tidak hanya dapat digunakan pada mata pelajaran IPA saja, namun dapat juga digunakan pada mata pelajaran yang lain.