PENGARUH MODEL TELAAH YURISPRUDENSI DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENTINGNYA SEMANGAT KERJA SISWA KELAS III SDN KUTOREJO 1 NGANJUK TAHUN AJARAN 2014


Author (Penulis)

ANIS ALVIONITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0019

Abstract

ABSTRAK Anis Alvionita: Pengaruh Model Telaah Yurisprudensi Didukung Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Materi Pentingnya Semangat Kerja Siswa Kelas III SDN Kutorejo 1 Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2014. Kata Kunci: model telaah yurisprudensi, media gambar, pentingnya semangat kerja. Latar belakang penelitian ini adalah karena guru hanya menggunakan model pembelajaran yang monoton seperti model konvensional dalam pembelajaran IPS, hal ini membuat siswa menjadi bosan, karena hanya mendengarkan dan hanya hafalan konsep materi dari penjelasan yang diberikan oleh guru. Guru lebih dominan dalam pembelajaran, akibatnya hasil belajar siswa sangat berpengaruh pada ilmu yang mereka dapat dan nilainya pun kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana hasil belajar siswa materi pentingnya semangat kerja dengan model pembelajaran konvensional kelas III SDN Kutorejo 1 Tahun Ajaran 2014-2015. (2) Bagaimana hasil belajar siswa materi pentingnya semangat kerja dengan model telaah yurisprudensi didukung media gambar kelas III SDN Kutorejo 1 Tahun Ajaran 2014-2015. (3) Adakah pengaruh model telaah yurisprudensi didukung media gambar terhadap hasil belajar siswa materi pentingnya semangat kerja kelas III SDN Kutorejo 1 Tahun Ajaran 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan “Random Terhadap Subjek”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kutorejo 1 dengan jumlah 64 orang siswa. Sampel penelitian ditetapkan pada semua siswa kelas III SDN Kutorejo 1 yang terdiri dari 32 siswa pada kelas III-A dan pada kelas III-B 32 siswa. Data tentang kemampuan kemampuan belajar IPS dikumpulkan dengan instrumen berupa tes. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan empat pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Data dianalisis dengan t-test berdasarkan taraf signifikan 5%. Hasil angka sig. (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05 (0.000 <0.05) dengan demikian Ho ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model telaah yurisprudensi didukung media gambar terhadap hasil belajar materi pentingnya semangat kerja siswa kelas III SDN Kutorejo 1 Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk, Tahun Ajaran 2014/2015. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional ternyata hasil belajar mata pelajaran IPS materi pentingnya semangat kerja siswa rendah (2) melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model telaah yurisprudensi didukung media gambar terbuki dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa (3) melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model model telaah yurisprudensi didukung media gambar terbuki dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan IPS.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI