PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DISKUSI DIDUKUNG MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR AKAR TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014 - 2015
Author (Penulis)
ANDI SUWONDO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0018
Abstract
ABSTRAK: Andi Suwondo : Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Diskusi Didukung Media Nyata terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan antara Struktur Akar Tumbuhan dengan Fungsinya pada Siswa Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar kurang disukai sebagian siswa. Namun terdapat hal yang menjadi kendala yaitu pembelajaran IPA masih didominasi peran guru sehingga siswa kurang berperan dalam proses pembelajaran, akibatnya suasana kelas monoton dan membosankan.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, peneliti memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya siswa kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2014 – 2015 tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi didukung media nyata? (2) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya siswa kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2014 – 2015 menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi didukung media nyata? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi didukung media nyata terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya pada siswa Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri tahun ajaran 2014 - 2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. Penelitian menggunakan instrumen berupa RPP dan tes kemampuan kognitif hasil belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang sangat signifikan model pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi didukung media nyata terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya pada siswa Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. Hal ini dibutikan dengan diperolehnya thitung > ttabel yaitu 6,53 > 2,66 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan (1%). Prosentase pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi didukung media nyata terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya pada siswa Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri sebesar 18,57 % dan cenderung memberikan pengaruh yang positif.
Dengan adanya penelitian ini, diharapkan model pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi didukung media nyata dapat dimanfaatkan sebagai salah satu model, metode dan media dalam pembelajaran IPA di sekolah , karena terbukti memberikan dampak yang bagus dalam pembelajaran IPA.