PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI (KERTAS LIPAT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI TAHUN 2014-2015
Author (Penulis)
ANAS HADI PRAYITNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0015
Abstract
Abstrak
Anas HadiPrayitno :Pengaruh model contextual teaching and learning didukung media tiga dimensi (kerta slipat) terhadap kemampuan membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Campurejo 2 kota kediri
tahun 2014-2015,Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Model contextual teaching and learning, Media tiga dimensi (keras lipat), Membandingkan pecahan sederhana.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didominasi oleh peran guru yang membuat siswa pasif. Dengan adanya variasi model dan media pembelajaran guru belum bisa melaksanakan maksimal. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan membandingkan pecahan sederhana pada kelas control dengan tidak menggunakan model CTL didukung media tiga dimensi (kertas lipat) pada siswa kelas III SDN Campurejo 2 kecamatan mojoroto Kota Kediri Tahun 2014-2015?(2) untuk mengetahui kemampuan membandingkan pecahan sederhana pada kelas eksperimen dengan menggunakan model CTL didukung media tigadimensi (kertaslipat) pada siswa kelas III SDN Campurejo 2 kecamatan mojoroto Kota Kediri Tahun 2014-2015?
(3) untuk mengetahui pengaruh model CTL didukung media tiga dimensi (kertas lipat) pada siswa kelas III SDN Campurejo 2 kecamatan mojoroto Kota Kediri Tahun 2014-2015?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III SDN Campurejo II yang berjumlah 80 siswa. Sebanyak 39 siswa pada kelas control dan 41 siswa pada kelas eksperimen Penelitian dengan menggunakan metode eksperimen True eksperimental (eksperimen yang betul-betul) yang dilakukan dengan kelompok pembanding Instrumen yang digunakan perangkat pembelaran yang di dalamnya terdapat tes.
Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai post test pada kelas control yaitu hasil dari rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db = N-1. Hasil angka signifikansi (2-tailed) 0.000 berarti lebih kecil dari 0.05(0.000<0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa ada perbedaan rata-rata antara kedua test yaitu lebih tinggi nilai post tes pada kelas eksperimen.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model model contextual teaching and learning didukung media tiga dimensi (kertas lipat) terhadap kemampuan membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN campurejo 2 kota Kediri tahun 2014-2015