PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DIDUKUNG MEDIA REALITA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS ENERGI PADA SISWA KELAS II SDN KAMPUNGBARU I KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ALIFATUL FIKRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0013

Abstract

Abstrak Fikriyah, Alifatul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Didukung Media Realita Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-jenis Energi Pada Siswa Kelas II SDN Kampungbaru 1Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan S1 PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan pada kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis energi pada siswa kelas II SDN Kampungbaru 1Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri didukung media realita dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran inkuirididukung media gambar. Penelitian ini menggunakan tehnik penelitian eksperimen semu dengan desain Nonrandomized control group pretest-posttes desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada di SDN Kampungbaru 1 Kabupaten Kediri yaitu kelas II, yaitu kelas IIA dan IIB. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIa dan IIb SDN Kampungbaru 1 dengan jumlah siswa kelas IIa (kelompok eksperimen) sebanyak 22 siswa dan IIb(kelompok kontrol) sebanyak 21 siswa dengan jumlah keseluruhan 43 siswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif, Teknik pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan jenis penilaian tertulis yaitu soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t dengan statistik deskriptif dan independent samples test. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Inkuiri didukung media realita dibandingkan penggunaan model pembelajaran Inkuiri didukung media gambar dengan thitung(2,828) > ttabel(2,704) dengan Db= 41 terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis energi dengan keunggulan penggunaanmodel pembelajaran Inkuiri didukung media realita (Terbukti bahwa x ?Kelompok Eksperimen 87,73 > Kelompok Kontrol 78,10). Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Media Realita, Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-Jenis Energi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI