PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PENTINGNYA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI SERTA PENGALAMAN MENGGUNAKANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN BLABAK KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ALDILA MEYLIANA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0011

Abstract

ALDILA MEYLIANA PUTRI : “Pengaruh Model Inside Outside Circle Dengan Media Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Pentingnya Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi serta Pengalaman Menggunakannya pada Siswa Kelas IV SDN Blabak. Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: Model Inside Outside Circle, media visual, teknologi produksi, komunkasi dan transportasi. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti pada pembelajaran IPS dimana dalam kenyataan di lapangan kelemahan pendidikan IPS selama ini terletak pada proses pembelajaran di kelas, proses penyampaian materi saat ini biasanya murid masih cenderung menghafal materi. Selain itu, pembelajaran masih lemah tanpa didukung dengan metode dan media yang digunakan guru kurang tepat, sehingga pada akhirnya informasi yang didapat tidak bisa berkembang dan hanya sebatas apa yang mereka ingat (menghafal). Salah satu model yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah model kooperatif tipe Inside Outside Circle atau biasa disebut lingkaran dalam lingkaran luar. Permasalahan penilitian ini adalah (I) Bagaimanakah kemampuan mengenal perkembangan pada siswa kelas IV, dengan menggunakan model pembelajaran inside outside circle ? (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal perkembangan tekonologi produksi pada siswa kelas IV, menggunakan model pembelajaran inside outside circle dengan media visual ? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran inside outside circle dengan media visual terhadap kemampuan mengenal perkembangan tekonologi pada siswa kelas IV ? Pendekatan penelitian dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Blabak 2 dan kelas IV SDN Blabak 4 sejumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh yaitu menggunakan semua anggota populasi, dengan masing-masing kelas 25 siswa. Analisis statistic menggunakan korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrument. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic uji t, nilai rata-rata dari hasil belajar posttest adalah kelas control sebesar 80,20 sedangkan kelas eksperimen sebesar 83,40. Setelah itu melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test, diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,017 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05 (0,017<0,05). Dengan demikian Ho ditolak Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkan perbedaan hasil belajar signifikan antara kelas control dengan model pembelajaran inside outside circle dan kelas eksperimen dengan model inside outside circle dengan media visual

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI