PENGARUH MODEL KELOMPOK INVESTIGASI DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BENTUK PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS III SDN CAMPUREJO II KEDIRI TAHUN 2015
Author (Penulis)
AHMAD TAUFIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0008
Abstract
Penelitian ini dilata belakangi oleh hasil pengamatan bahwa, pembelajan IPA di Sekolah
Dasar, guru masih banyak menggunakan metode atau model pembelajaran konvensional. Hal ini
menjadikan turunnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan menyebabkan nilai
belajar siswa ikut rendah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan
kenampakan permukaanbumi di lingkungan sekitar yang tidak menggunakan model kelompok
investigasi didukung media tiga dimensi (metode caramah) pada siswa kelas III SD?. (2) Bagaimana
kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar yang menggunakan
model kelompok investigasi didukung media tiga dimensi pada siswa kelas III SD?. (3) Apakah model
kelompok investigasi didukung media tiga dimensi berpengaruh terhadap kemampuan
mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar siswa SD kelas III?
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SDN Campurejo II, dengan jumlah populasi 30
anak setiap kelas. Siswa kelas III-A sebagai Kelompok Kontrol dan kelas III-B sebagai Kelompok
Eksperimen. Selanjutnya metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Rata-rata hasil belajar yang dicapai kelompok eksperimen adalah 77,0 sedangkan
kelompok kontrol 71,5. Hasil analisis menggunakan program SPSS 20 dengan hasil signifikan sebesar
0,05 berarti ada pengaruh yang positif terhadap penggunan model kelompok investigasi didukung
media tiga dimensi.
Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan penggunan
model kelompok investigasi didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan mendiskripsikan
bentuk permukaan dilingkungan sekitar siswa kelas III SDN Campurejo II Kota Kediri tahun 2015. (2)
Kemampuan mendiskripsikan bentuk permukaan bumi di lingkungan sekitar siswa kelas III, yang
tidak menggunakan pembelajaran kelompok investigasi didukung media tiga dimensi (metode
konvensional) menunjukan hasil yang rendah. (3) kemampuan mendiskripsikan bentuk permukaan
bumi di lingkungan sekitar siswa kelas III, dengan menggunakan pembelajaran kelompok investigasi
didukung media tiga dimensi menujukan hasil yang lebih baik.