PENGARUH MODEL KELOMPOK INVESTIGASI DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BENTUK PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS III SDN CAMPUREJO II KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

AHMAD TAUFIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0008

Abstract

Penelitian ini dilata belakangi oleh hasil pengamatan bahwa, pembelajan IPA di Sekolah Dasar, guru masih banyak menggunakan metode atau model pembelajaran konvensional. Hal ini menjadikan turunnya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan menyebabkan nilai belajar siswa ikut rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaanbumi di lingkungan sekitar yang tidak menggunakan model kelompok investigasi didukung media tiga dimensi (metode caramah) pada siswa kelas III SD?. (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar yang menggunakan model kelompok investigasi didukung media tiga dimensi pada siswa kelas III SD?. (3) Apakah model kelompok investigasi didukung media tiga dimensi berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar siswa SD kelas III? Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SDN Campurejo II, dengan jumlah populasi 30 anak setiap kelas. Siswa kelas III-A sebagai Kelompok Kontrol dan kelas III-B sebagai Kelompok Eksperimen. Selanjutnya metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rata-rata hasil belajar yang dicapai kelompok eksperimen adalah 77,0 sedangkan kelompok kontrol 71,5. Hasil analisis menggunakan program SPSS 20 dengan hasil signifikan sebesar 0,05 berarti ada pengaruh yang positif terhadap penggunan model kelompok investigasi didukung media tiga dimensi. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan penggunan model kelompok investigasi didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan mendiskripsikan bentuk permukaan dilingkungan sekitar siswa kelas III SDN Campurejo II Kota Kediri tahun 2015. (2) Kemampuan mendiskripsikan bentuk permukaan bumi di lingkungan sekitar siswa kelas III, yang tidak menggunakan pembelajaran kelompok investigasi didukung media tiga dimensi (metode konvensional) menunjukan hasil yang rendah. (3) kemampuan mendiskripsikan bentuk permukaan bumi di lingkungan sekitar siswa kelas III, dengan menggunakan pembelajaran kelompok investigasi didukung media tiga dimensi menujukan hasil yang lebih baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI