Pengaruh Penggunaan Media Benda Nyata Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Gaya dan Gerak Pada Siswa Kelas IV SDN II Pogalan Trenggalek Tahun 2016 - 2017


Author (Penulis)

AGUS SUWARDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0005

Abstract

Agus Suwardi. Pengaruh Penggunaan Media Benda Nyata dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Gaya dan Gerak Siswa Kelas IV SDN II Pogalan Trenggalek. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Kata Kunci: Penggunaan Media Benda Nyata, Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Kemampuan Mengidentifikasi Gaya dan Gerak Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Pogalan 2 diperoleh data atau informasi pada mata pelajaran IPA kemampuan siswa masih rendah, hal ini terbukti dari hasil nilai ulangan harian siswa yang belum mencapai ketuntasan KKM minimal 75, serta pada UAS selama 3 tahun terakhir nilai rata-rata yang diperoleh pada tahun 2012 sebesar 6,65, pada tahun 2013 sebesar 7.00, dan pada 2014 sebesar 7,30. Melihat kondisi tersebut, upaya untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam perlu dikembangkan suatu pembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi gaya dan gerak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation didukung media benda nyata. 2) mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi gaya dan gerak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation tanpa menggunakan media benda nyata. 3) mengetahui pengaruh penggunaan media benda nyata dalam pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak. Metode penelitian ini menggunakan teknik eksperimental, dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini, subyek penelitian di ambil kelas 4 SDN Negeri Pogalan Trenggalek II-A sejumlah 20 siswa yang dijadikan kelompok eksperimen dan SDN Negeri Pogalan Trenggalek II-B sejumlah 20 siswa yang dijadikan kelompok kontrol, sehingga total keseluruhan subyek penelitian 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada peningkatan kemampuan penggunaan media benda nyata dalam pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak, dengan ketuntasan klasikal 89,5% sebanyak 18 siswa. 2) Ada peningkatan kemampuan penggunaan model group investigation tanpa didukung media benda nyata dalam kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak, dengan ketuntasan klasikal 72% sebanyak 14 siswa. 3) Ada pengaruh penggunaan media benda nyata dalam pembelajaran group investigation dibanding dengan pengaruh diterapkan model group investigation tanpa didukung media benda nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDN II Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017 dengan keunggulan pada penggunaan model group investigation didukung media benda nyata.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI