PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MENGIDENTIFIKASI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN BLABAK KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014 - 2015


Author (Penulis)

AGUS BUDI STYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0004

Abstract

ABSTRAK Agus Budi Styawan : Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Torso Terhadap Hasil belajar IPA Mengidentifikasi Organ Peredaran Darah Manusia pada siswa kelas V SDN Blabak Kota Kediri tahun ajaran 2014/2015. Skripsi, PGSD, FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata kunci: media torso, model berbasis masalah, dan hasil belajar IPA mengidentifikasi organ peredaran darah manusia. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA termasuk pembelajaran yang sulit karenanya dituntut untuk bisa menanamkan konsep dengan baik pada siswa. Keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam memilih model pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut: (1) Bagaimanakah hasil belajar IPA“mengidentifikasi organ peredaran darah manusia” tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media torso pada siswa kelas V SDN Blabak kota Kediri tahun ajaran 2014 -2015? (2) Bagaimanakah hasil belajar IPA“mengidentifikasi organ peredaran darah manusia” dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media torso pada siswa kelas V SDN Blabak kota Kediri tahun ajaran 2014 -2015? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan media torso terhadap hasil belajar IPA “mengidentifikasi organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN Blabak kota Kediri tahun ajaran 2014 -2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Blabak Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Setelah dilakukan penelitian dan berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung dan ttabel adalah 4,78 > 2,008. Dengan demikian terbukti bahwa “ada pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan media torso terhadap hasil belajar IPA mengidentifikasi organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN Blabak Kota Kediri. Simpulan hasil penelitian ini adalah Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan media torso terhadap hasil belajar IPA mengidentifikasi organ peredaran darah manusia. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan media torso dapat memanfaatkan sebagai salah satu model dan media dalam pembelajaran IPA di sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI