PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PERHITUNGAN TERMASUK YANG BERKAITAN DENGAN UANG SISWA KELAS III SDN 3 NGADISUKO KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2015-2016


Author (Penulis)

ADITYA PRINGGA SATRIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0003

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournaments didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang siswa kelas III SDN 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun 2015-2016. Permasalahan dari penelitian ini di ambil dari observasi di SDN 3 Ngadisuko tanggal 17 Juli 2015 terhadap kegiatan pembelajaran. Dan dihasilkan kegiatan pembelajaran masih cenderung siswa kurang aktif, dan siswa lemah dalam memahami konsep pembelajaran matematika karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III SDN 3 Ngadisuko yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dengan menggunakan metode eksperimen desain tanpa kelompok pembanding yang dilakukan hanya terdapat satu kelompok dan Instrumen yang digunakan perangkat pembelaran yang di dalamnya terdapat tes. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pretest dari 25siswa yaitu 66,20 sedangkan hasil dari rata-rata nilai post test 25 siswa yaitu 81,00. Dari hasil perhitungan uji t dengan menggunakan paired samples test menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh df 24 dan sig. (2 tailed) 0,000. Karena sig. (2 tailed) = 0.000 < taraf signifikansi 0.05sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Selain itu dapat dilihat dengan membandingkan thitung dengan ttabel dengan ketentuan, Ho diterima thitung < ttabel dan Ho ditolak thitung ? ttabel. Maka thitung -10,157 ? ttabel 2,08. Sehingga ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournaments didukung media tiga dimensi terhadap peningkatan kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang siswa kelas III SDN 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun 2015-2016. Dengan demikian dapat di rekomendasi bahwa penelitian ini penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournaments didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang siswa kelas III SDN 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek tahun 2015-2016 dapat meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa. Kata kunci : Kemampuan memecahkan masalah perhitungan, model pembelajaran teams games tournaments, media tiga dimensi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI