PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA JENIS HUBUNGAN KHAS (SIMBIOSIS) DAN HUBUNGAN “MAKAN DAN DIMAKAN” ANTAR MAKHLUK HIDUP (RANTAI MAKANAN) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
Author (Penulis)
ADELIA RAHMI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.10.0002
Abstract
ABSTRAK
ADELIA RAHMI R : Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) dan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2016.
Kata kunci : model problem based instruction (PBI), metode diskusi kemampuan mengidentifikasi, beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan).
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil survei awal, bahwa dalam pembelajaran siswa memperoleh materi hanya dari penjelasan guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan) tanpa dan dengan penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dan metode diskusi siswa kelas IV Sekolah Dasar, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model Problem Based Instruction (PBI) dan metode diskusi terhadap kemampuan mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan) siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Asmorobangun I dan tempat penelitiannya di SDN Asmorobangun I. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen, desain penelitian true experimental design (eksperimen yang betul – betul ). Teknik pengumpulan data berupa tes. Pada penelitian ini, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menggunakan Uji t Independent Samples Test.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas IV A dengan menerapkan model problem based instruction (PBI) dan metode diskusi ( 85,39) ini membuktikan bahwa nilai rata-rata kelas IV A lebih dari KKM dan nilai kelas IV B tanpa menerapkan model problem based instruction (PBI) dan metode diskusi ( 73,90 ), hasil analisis menunjukan tingkat signifikan 0,000 taraf signifikan.
Kesimpulan hasil penelitian yang dilakuan oleh peneliti adalah (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi hubungan antar makhluk hidup lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional atau ceramah. (2) model problem based instruction (PBI) dan metode diskusi memiliki pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan) siswa kelas IV A.