PENGARUH MODEL DISKUSI DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SDN NGLABAN 1 KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2014/2015


Author (Penulis)

AANG ARIC WELLY BASTOMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.10.0001

Abstract

ABSTRAK Aang Aric Welly Bastomi : Pengaruh Model Diskusi Didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Menjelaskan Pesawat Sederhana Siswa Kelas V SDN Nglaban 1 Kabupaten Nganjuk Tahun 2014/2015, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Model diskusi, media tiga dimensi dan pesawat sederhana Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan dan pengamalan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDN Nglaban I selama ini cenderung bersifat konvensional dan masih berpusat pada guru. Akibatnya Guru mendominasi pembelajaran, sehingga siswa kurang interaktif terhadap pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan pesawat sederhana sebelum menggunakan model diskusi didukung media tiga dimensi pada siswa kelas V SDN Nglaban 1 Kabupaten Nganjuk Tahun 2014/2015? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan pesawat sederhana setelah menggunakan model diskusi didukung media tiga dimensi pada siswa kelas V SDN Nglaban 1 Kabupaten Nganjuk Tahun 2014/2015? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Nglaban I. Penelitian ini menggunakan instrumen RPP,silabus, soal pretest dan postest, lembar kerja siswa, instrumen penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan menjelaskan pesawat sederhana sebelum menggunakan model diskusi didukung media tiga dimensi lebih rendah, (2) kemampuan menjelaskan pesawat sederhana sesudah menggunakan model diskusi didukung media tiga dimensi lebih meningkat. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan : (1) Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar agar mampu membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari materi pelajaran sehingga diharapkan hasil belajar siswa maksimal. (2) Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah model diskusi didukung media tiga dimensi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI