PERSEPSI SISWA KELAS VIII MENGENAI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET DI SMA N 2 NGANJUK TAHUN 2014/ 2015
Author (Penulis)
ANAK AGUNG BAYU MAHENDRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.1417
Abstract
PERSEPSI SISWA KELAS VIII MENGENAI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET DI SMA N 2 NGANJUK
TAHUN 2014/ 2015
AnakAgungBayuMahendra
11.1.01.09.1417
FKIP-PendidikanJasmani, KesehatandanRekreasi
Mahendrakusmadi@gmail.com
DosenPembimbing 1, Drs, Setyoharmono. M.Pd. 2, WasisHimawanto, M.Or
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsisiswakelasXImengenaipenggunaan media gambardalampembelajaranbolabasket di SMA N 2 Nganjukadalah cukup positif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Subyek dalam penelitian ini adalah siswakelas XI SMA N 2 Nganjuk yang berjumlah 118 anak. Uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,955. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase persepsisiswakelasXImengenaipenggunaan media gambardalampembelajaranbolabasket di SMA N 2 Nganjuk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsisiswakelasXImengenaipenggunaan media gambardalampembelajaranbolabasket di SMA N 2 Nganjukadalah cukup positif.Secararinci, sebanyak 8siswa (6,78%) mempunyai persepsi sangat kurang positif, 26 siswa (22,03%) mempunyai persepsi kurang positif, 45 siswa (38,14%) mempunyai persepsi cukup positif, 30 siswa (25,42%) mempunyai persepsi positif, dan 9 siswa (7,63%) mempunyai persepsi sangat positif. Frekuensi terbanyaksebesar38,14%, yaitu pada kategori cukup positif.Dengan demikian persepsisiswakelasXImengenaipenggunaan media gambardalampembelajaranbolabasket di SMA N 2 Nganjukadalah cukup positif.
Kata kunci: Persepsi, media gambar, pembelajaran bola basket