SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI GASANG 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ZENUWARDIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.1361
Abstract
Abstrak
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas v di Sekolah Dasar Negeri Gasang 1. Tujuan penelitian untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas v di Sekolah Dasar Negeri Gasang 1tahun pelajaran2014/ 2015.
Variabel Penelitian ini minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Populasi penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri Gasang 1tahun pelajaran2014/ 2015yang berjumlah 17 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh siswa yang mengikuti pendidikan jasmani yang berjumlah 17 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala minat dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase.
Hasil deskriptif data menunjukkan bahwa faktor perhatianpada siswa SD N Gasang I dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani disekolah sebagian besar pada kategori sangat tinggi (100,00%), kemauan pada siswa SD N Gasang I dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani disekolah sebagian besar pada kategori sangat tinggi (88,23%), kesenangan kemauan pada siswa SD N Gasang I dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani disekolah sebagian besar pada kategori sangat tinggi (100,00%), dan motif kemauan pada siswa SD N Gasang I dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani disekolah sebagian besar pada kategori sangat tinggi (100,00%). Sedangkan faktor perhatian dikategorikan sangat tinggi disebabkan karena siswa memiliki pemahaman yang sangat tinggi (100,00%), memiliki partisipasi sangat tinggi (94,12%), serta memiliki keaktifan sangat tinggi (52,94). Sedangkan faktor kemauan dikategorikan sangat tinggi disebabkan karena siswa memiliki niat yang sangat tinggi (64,70%), serta memiliki kebutuhan sangat tinggi (52,94). Sedangkan faktor kesenangan dikategorikan sangat tinggi disebabkan karena siswa memiliki ketertarikan yang sangat tinggi (100,00%), serta memiliki kesukaan sangat tinggi (88,23). Sedangkan faktor motif dikategorikan sangat tinggi disebabkan karena siswa memiliki tujuan yang sangat tinggi (47,06%), memiliki rasa ingin tahu sangat tinggi (100,00%), serta memiliki pendorong perilaku sangat tinggi (52,94).
Kata kunci: minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, siswa SD