PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI II NAWANGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

VERA HENDRIAS ADITYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1355

Abstract

ABSTRAK Vera Hendrias Aditya. Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks Siswa Kelas VIII SMP Negeri II Nawangan Tahun Pembelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: metode demonstrasi, tolak peluru gaya ortodoks. Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kelas VIII SMP Negeri II Nawangan bahwa kurangnya pembelajaran menggunakan metode yang membuat siswa antusias mengikuti mengenai cabang olahraga atletik tolak peluru gaya ortodoks, guru hanya memberikan materi pembelajaran dengan metode konvensional (komando) yang menjadikan siswa dalam melakukan tolak peluru hasilnya kurang maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa SMP Negeri II Nawangan kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa SMP Negeri II Nawangan kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015. Desain penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design dengan jenis One Gruop pre test and post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri II Nawangan yang berjumlah 192 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random atau acak, di mana yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes tolak peluru gaya ortodoks dan dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,86. Teknik analisis data instrumen menggunakan rumus product dan cronbach alpha serta uji-t melalui prasyarat normalitas, homogenitas dan linearitas. Analisis data menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuaan menggunakan metode demonstrasi skor pre-test VIII SMP Negeri II Nawangan tahun pembelajaran 2014/2015 adalah sedang, yaitu berada pada konversi interval 56.32 ? X < 59.98. Setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi skor post test adalah sedang, yaitu berada pada konversi interval 70.682 ? X < 75.518, namun ada peningkatan skor. Dari uji-t diperoleh Thitung sebesar -10,186 dan Ttabel taraf signifikan 5% (N = 30) sebesar 1,697. Tingkat tolak peluru gaya ortodoks positif siswa sebelum dan setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi adalah berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI