PENGARUH PEMBELAJARAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM GAYA MENYAMPING SISWA KELAS VIII MTsNEGERI KEBONAGUNGTAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUGIYARNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1347

Abstract

Sugiyarno.Pengaruh Pembelajaran Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Lempar Cakram Gaya Menyamping Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kebonagungtahun Pembelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Jasmani KesehatanDan Rekreasi, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: metode demonstrasi, lempar cakram gaya menyamping. Penelitian ini dilatar belakangi siswa MTs Negeri Kebonagung kelasVIII bahwa teknik yang dilakukan murid dalam melakukan lempar cakram gaya menyamping banyak yang tidak syah dan tujuan dari lempar cakram kurang efektif dan efisien, namun untuk mencapai lemparan yang maksimal banyak faktor yang mempengaruhinya. Permasalahan penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh pembelajaran metode demonstrasi terhadap hasil belajar lempar cakram gaya menyamping siswa MTs Negeri Kebonagung kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui pengaruh pembelajaran metode demonstrasi terhadap hasil belajar lempar cakram gaya menyamping siswa MTs Negeri Kebonagung kelas VIII tahun pembelajaran 2014/2015. Desain penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design dengan jenis One Gruoppre test and post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVIII di MTs Negeri Kebonagung yang berjumlah 192 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random atau acak, dimana yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelasVIII berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes lempar cakram gaya menyamping dan dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,86. Teknik analisis data instrumen menggunakan rumus product dan cronbach alpha sertauji-tmelalui prasyarat normalitas, homogenitas dan linearitas. Analisis data menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuaan menggunakan metode demonstrasis korpre-test VIII MTs Negeri Kebonagung tahun pembelajaran 2014/2015 adalah sedang, yaitu berada pada konversi interval 78,51 ? X < 83,19. Setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi skor post test adalah sedang, yaitu berada pada konversi interval 74.13 ? X <80.37, namun ada peningkatan skor. Dari uji-t diperoleh Thitung sebesar-9.941dan T tabel taraf signifikan 5% (N = 30) sebesar 1,697. Tingkat lempar cakram gaya menyamping positif siswa sebelum dan setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi adalah berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI