TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PRINGKUKU TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

HAFIT KUSBIANTARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1307

Abstract

Abstrak Hafit Kusbiantara: Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Pringkuku Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PJKR, FKIP UNP Kediri 2015. Kata kunci: kesegaran jasmani, Sekolah Dasar, TKJI. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwakesegaran jasmani baik akan berpengaruh pada kegiatan belajar siswa, karena siswa dengan status kesegaran jasmani yang baik akan bertambah semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan kesegaran jasmani yang baik atau kondisi fisik yang baik akan mempertinggi kemampuan dan kemauan belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Seberapa besar tingkat kesegaran jasmani yang dimiliki siswa Sekolah Dasar yang ada di kecamatan Pringkuku? (2) Dari beberapa Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Pringkuku, Sekolah Dasar mana yang memiliki tingkat kesegaran jasmani paling baik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan metode survei. Subyek penelitian siswa kelas V SDN Glinggangan 02, SDN Ngadirejan, dan SDN Pringkuku 03. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, menggunakan instrumen TKJI dan formulir TKJI. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Sebanyak 2 siswa (6,7%) termasuk dalam kategori baik sekali, sebanyak 13 siswa (43,3%) termasuk dalam kategori baik, sebanyak 12 siswa (40%) termasuk dalam kategori sedang, sebanyak 3 siswa (10%) termasuk dalam kategori kurang, dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori kurang sekali. (2) Siswa SDN Glinggangan 02 memiliki kesegaran jasmani yang paling tinggi dibandingkan dengan SDN Ngadirejan dan SDN Pringkuku 02. Sedangkan sekolah dasar yang memiliki siswa dengan tingkat kesegaran jasmani terendah yaitu SDN Ngadirejan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani pada anak usia sekolah dasar, dapat menggunakan pedoman danpengukuran TKJI. (2) Dalam melakukan latihan guna meningkatkan kesegaran jasmani harus memperhatikan prinsip-prinsip latihan,agar tujuan latihan dapat tercapai. (3) Aktifitas seperti olahraga dan juga kegiatan-kegiatan yang dapatmeningkatkan kesegaran jasmani perlu diupayakan bagi siswa. (4) Diharapkan peran aktif pemerintah, guru, pembina, pelatih ataupun semua yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan berupaya meningkatkan kesegaran jasmani siswa usia sekolah dasar, serta dapat memberikan pembinaan yang tepat bagi anak usia sekolah dasar di masing-masing sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI