PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI II NAWANGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

FANDI CAHYA NUGRAHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1302

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kelas VIII SMP Negeri II Nawangan bahwa belum mampu memanfaatkan komponen-komponen yang dapat mendukung kemampuan lompat jauh gaya jongkok, suasana belajar siswa dalam kemampuan lompat jauh masih dingin, kaku, dan rendah. Permasalahan penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII SMP Negeri II Nawangan Tahun Pembelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII SMP Negeri II Nawangan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Desain penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design dengan jenis One Gruop pre test and post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri II Nawangan yang berjumlah 192 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random atau acak, di mana yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes lompat jauh gaya jongkok dan dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,86. Teknik analisis data instrumen menggunakan rumus product dan cronbach alpha serta uji-t melalui prasyarat normalitas, homogenitas dan linearitas. Analisis data menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuaan menggunakan metode demonstrasi skor pre-test VIII SMP Negeri II Nawangan tahun pembelajaran 2014/2015 adalah sedang, yaitu berada pada konversi interval 51.53 ? X < 55.97. Setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi skor post test adalah sedang, yaitu berada pada konversi interval 72.54 ? X < 79.26, namun ada peningkatan skor. Dari uji-t diperoleh Thitung sebesar -8,536 dan Ttabel taraf signifikan 5% (N = 30) sebesar 1,697. Tingkat lompat jauh gaya jongkok positif siswa sebelum dan setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi adalah berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan. Kata kunci: metode demonstrasi, lompat jauh gaya jongkok.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI