PENGGUNAAN MEDIA KARET UNTUK MENUMBUHKAN KEBERANIAN,KESENANGAN,DAN PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI GAYA STARADDLE DI KELAS IV SDN MALIRAN 03 KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

Verdi Evrianto
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1107

Abstract

ABSTRAK Verdi Evrianto : Penggunaan Media Karet Untuk Menumbuhkan Keberanian,Kesenangan, dan Percaya Diri Dalam Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Staraddle di kelas IV SDN Maliran 03 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : media karet,keberanian, kesenangan, percaya diri, lompat tinggi Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran lompat tinggi di SDN MALIRAN 03 belum efektif,nilai yang di dapat oleh siswa siswi yang melakukan kegiatan atau tes lompat tinggi masih belum mencapai hasil maksimal sesuai dangan yang diharapkan guru penjaskesrek.hal tersebut adalah dampak dari rasa ketakutan,kecemasan dan ketidak percayaan diri mereka yang selalu muncul pada diri mereka saat akan melakukan kegiatan lompat tinggi dengan menggunakan batas lompatan standart. Permalahan penelitian ini adalah (1) dengan metode belajar yang beda, mampukah menumbuhkan keberanian, kesenangan, percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi? (2) dengan menggunakan media karet sebagai pengganti batas lompatan dalam lompat tinggi, dapatkah menumbuhkan raa keberanian, kesenangan, dan percaya diri pada siswa kelas IV SDN MALIRAN 03 ponggok blitar (3) apakah penampilan,gaya bicara seorang guru dapat memberikan motivasi yang menumbuhkan keberanian,kesenangan dan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi? Penilitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN MALIRAN 03, kecamatan ponggok.kabupaten blitar. Peneliitian dilakukan dengan menggunakan dua siklus yang tiap siklusnya menggunakan d Ua kali pertemuan dengan menggunakan instrument pengamatan secara langsung, wawancara atau komunikasi langsung pada siswa, dan lembar evaluasi atau tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah, (1) dengan menggunakan metode yang berbeda mampu menumbuhkan keberanian,kesenangan dan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi (2) dengna media karet sebagai pengganti batas lompatan mampu meningkatkan keberanian,kesenangan, dan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi (3) dengan penampilan,gaya bicara guru yang beda,mampu memotivasi siswa menumbuhkan keberanian,kesenangan,dan percaya diri dalam menghadapi pembelajaran lompat tinggi. Berdasarkan hasil di atas,tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil pembelajaran lompat tinggi yang maksimal dari siswa. Oleh karena itu,guru harus mengutamakan proses yang mendukung pembelajaran meski dengan metode yang sudah di modivikasi.guru harus terus meneliti,apakah metode ini cukup efektif untuk karakter siswa yang lainnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI