PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA PUTRA SD NEGERI JAMBEWANGI 02 SELOPURO BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

kelfin arisdianto
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1069

Abstract

ABSTRAK KELFIN ARISDIANTO. Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Discovery Terhadap Hasil Belajar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Putra SD Negeri Jambewangi 02 Selopuro Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. FKIP-UNP Kediri. 2016. Kata Kunci: Pengaruh metode pembelajaran guide discovery Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada “Pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepak bola pada siswa Putra SD Negeri Jambewangi 02 , Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2015/2016”. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran guide discovery terhadap hasil belajar permainan sepak bola pada siswa putra SD Negeri Jambewangi 02 , Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar Tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan asosiatif. “Rumusan masalah dalam penelitian asosiatif adalah rumusan masalah yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih” (Sugiyono: 2012:56). Penggunaan metode ini dilakukan dengan melakukan kegiatan percobaan yang diawali dengan memberikan tes awal (pre test) dilanjutkan dengan perlakuan terhadap subjek (treatment) dan diakhiri dengan tes untuk menguji seberapa jauh akibat dari perlakuan yang diberikan (post test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran guide discovery berpengaruh terhadap hasil belajar permainan sepak bola. Dari hasil analisis uji perbedaan di atas, dapat dikatakan bahwa penerapan alat bantu pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar sepak bola pada siswa putra SD Negeri Jambewangi 02 Selopuro Blitar. Hal tersebut didasarkan pada teori yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini telah disebutkan bahwa penggunaan alat bantu yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil belajar yang akan didapat dalam pembelajaran. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian telah diterima dan menjawab permasalahan serta mencapai tujuan dari penelitian ini. Penentuan populasi, sampel, variabel dan pelaksanaan kegiatan penelitian seperti tes awal, pelaksanaan latihan dan tes akhir kesemuanya didasarkan pada teori dan aturan yang ada sehingga memberikan dasar yang baik pada penelitian ini. Penentuan metode, instrumen dan langkah penelitian serta pelaksanan analisis dan pemilihan alat analisis sudah terbukti dan benar dan memberikan hasil yaitu tercapainya tujuan penelitian ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI