PENGARUH PENDEKATAN TEKNIS DAN TAKTIS TERHADAP KETERAMPILAN SEPAK SILA PADA MAHASISWA UNP KEDIRI ANGKATAN 2012 UNIVERSITAS PGRI KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
OGIE PERDANA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.1021
Abstract
ABSTRAK
Ogie Perdana Putra. PENGARUH PENDEKATAN TEKNIS DAN TAKTIS TERHADAP KETERAMPILAN SEPAK SILA PADA MAHASISWA UNP KEDIRI ANGKATAN 2012 UNIVERSITAS PGRI KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Kediri : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juli 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan teknis dan taktis terhadap keterampilan sepak sila pada mahasiswa pembinaan prestasi sepak takraw UNP Kediri tahun pelajaran 2014/2015. (2) Pendekatan yang lebih baik pengaruhnya antara pendekatan teknis dan taktis terhadap keterampilan sepak sila pada mahasiswa pembinaan prestasi sepak takraw UNP Kediri tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pembinaan prestasi sepak takraw UNP Kediri tahun pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan sepak sila selama satu menit dari Ucup Yusup, Sudrajat Prawirasaputra, Lingling Usli (2004: 70). Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan teknis dan taktis terhadap keterampilan sepak sila pada mahasiswa pembinaan prestasi sepak takraw UNP Kediri tahun pelajaran 2014/2015, dengan nilai perhitungan thit sebesar 2.148 dan ttabel sebesar 2.131 pada taraf signifikasi 5%. (2) Pendekatan taktis lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan pendekatan teknis terhadap keterampilan sepak sila pada mahasiswa pembinaan prestasi sepak takraw UNP Kediri tahun pelajaran 2014/2015, dengan nilai perhitungan persentase pada kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan pendekatan teknis) memiliki peningkatan sebesar 10.04%. Sedangkan kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan pendekatan taktis) memiliki peningkatan sebesar 14.26%.