STUDI TENTANG WAKTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MTS NEGERI JOMBANG KAUMAN TAHUN 2016


Author (Penulis)

MOCH. ALI FUAD
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1008

Abstract

"ABSTRAK MOCH. ALI FUAD: Studi Tentang Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di MTS Negeri Jombang Kauman Tahun 2016. Kata Kunci : Pembelajaran, Pelaksanaan Waktu Belajar, Pendidikan Jasmani. Waktu belajar merupakan bagian yang tak terpisahkan dari tingkat keberhasilan proses belajar mengajar (PBM) suatu mata pelajaran. Pelaksanaan waktu belajar pendidikan jasmani dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan pengajaran dilihat dari waktu belajar akademis pendidikan jasmani. Dalam kegiatan pengajaran pendidikan jasmani, penilaian dilakukan terhadap beberapa variabel yaitu: kegiatan awal sebelum pembelajaran, pendahuluan, latihan inti, dan penutup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan waktu belajar pendidikan jasmani dilihat dari kegiatan awal sebelum pembelajaran, pendahuluan, latian inti dan penutup. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah guru sudah melaksanakan waktu belajar pendidikan jasmani yang sudah direncanakan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel kriteria berdasarkan waktu belajar akademis pendidikan jasmani. Alat ukur yang digunakan dalam pengambilan data berupa panduan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani yang ada di MTS Negeri Jombang Kauman yang berjumlah 2 guru pendidikan jasmani. Diperoleh reliabilitas adalah 0,986 dan objektivitas adalah 0,999. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan waktu belajar pendidikan jasmani oleh guru pendidikan jasmani di MTs Negeri Jombang Kauman tergolong masih kurang maksimal, kegiatan awal pembelajaran 58,3% guru yang menyiapkan perangkat pembelajaran, pada pelaksanaan kegiatan, pada tahap pendahuluan 22,67 menit (283,37%), tahap latihan inti 28,33 menit (42,92%) dan tahap penutup 4,85 menit (80,83%). Secara keseluruhan pelaksanaan waktu pembelajaran pendidikan jasmani 56,43 menit atau 70,53%. Saran-saran dari hasil penelitian adalah sebagai berikut: ditinjau dari setiap variabel, pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan oleh guru di MTs Negeri Jombang Kauman kurang efektif. Diharapkan semua guru menyusun perangkat pembelajaran, pendahuluan yang dilakukan masih terlalu lama, sebaiknya dipersingkat agar waktu dapat difokuskan pada tahap inti. Guru diharapkan melibatkan siswa dalam memilih materi yang akan diajarkan dalam satu semester atau satu tahun. "

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-26

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI