STUDI TENTANG PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS IX DI MTs NEGERI JOMBANG KAUMAN TAHUN 2015


Author (Penulis)

MIFTAHUL HUDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1007

Abstract

ABSTRAK MIFTAHUL HUDA: Studi Tentang Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas IX Di MTs Negeri Jombang Kauman Tahun 2015. Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran, Aspek Psikomotorik, Kognitif, Afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimanakah pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MTs Negeri Jombang Kauman. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Negeri Jombang Kauman yang berjumlah 135 orang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen angket. Angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terstruktur berbentuk terbuka karena instrumen tersebut untuk mendapatkan data tentang Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Kelas 9 MTs Negeri Jombang Kauman dan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Hasil penelitian pelaksanaan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa untuk aspek psikomotor: kebugaran jasmani dan keterampilan cabang olahraga. Aspek kebugaran jasmani, aspek kelincahan tes shuttle run 80,74%, aspek kekuatan tes sit up 100%, aspek kecepatan tes lari 60 meter 54,07%, aspek daya tahan otot tes daya tahan otot dan bahu 81,48%, aspek daya tahan jantung dan paru-paru tes lari 12 menit 85,92%, aspek keterampilan cabang olahraga sepak bola tes menggiring bola 96,29%, basket tes melempar dan menangkap bola, tes menggiring bola 97,04%, bolavoli tes pasing atas dan pasing bawah 97,04%, renang 0%, atletik 97,77%, senam irama tanpa alat tes senam pagi 10,37%, aspek perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan dilingkungan sekolah materi P3K 22,22%, dan budaya hidup sehat materi pengenalan penyakit menular seksual (PMS) 90,37%, aspek kognitif pengetahuan pendidikan jasmani olahraga 64,23%, aspek pengetahuan tentang peraturan 76,68%, aspek sejarah cabang olahraga materi perkembangan cabang olahraga 53,33%, aspek pengetahuan kesehatan mengerjakan LKS materi penjas dan kesehatan 93,33%. Aspek afektif sportif 64,21%, aspek disiplin 65,18%, aspek tanggung jawab 57,60%, aspek kerjasama 39,40%, aspek percaya diri 52,55%, dan aspek kejujuran 80,74%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk aspek pelaksanaan evaluasi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk aspek psikomotor secara umum cukup baik, pelaksanaan evaluasi Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk aspek kognitif secara umum cukup baik, dan pelaksanaan evaluasi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk aspek afektif secara umum cukup baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

-0001-11-30

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI