PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN SERVIS DENGAN SASARAN TETAP DAN SASARAN BERUBAH TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA SMP NEGERI 1 PAPAR TAHUN 2015


Author (Penulis)

IMAM BUCHORI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.1000

Abstract

ABSTRAK Imam Buchori : Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Servis Dengan Sasaran Tetap Dan Sasaran Berubah Terhadap Peningkatan Ketrampilan Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Putra SMP Negeri 1 Papar Tahun 2015. Kata Kunci : Sasaran Tetap, Sasaran Berubah, Ketrampilan Servis Atas, Bola Voli Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Adakah perbedaan pengaruh metode servis atas menggunakan sasaran tetap dan sasaran berubah terhadap kemampuan servis atas dalam permainan Bola voli pada siswa putra SMP Negeri 1 Papar. (2) Manakah yang lebih efekif antara latihan servis atas menggunakan sasaran tetap dan sasaran berubah terhadap kemampuan servis atas dalam permainan Bola voli pada siswa putra SMP Negeri 1 Papar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sederhana. Populasi yang digunakan adalah siswa putra SMP Negeri 1 Papar, yang berjumlah 124 siswa putra. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik porposive sampling, besarnya sampel yang digunakan adalah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan terdiri dari dua variabel bebas yaitu latihan servis atas menggunakan sasaran tetap dan latihan servis atas menggunakan sasaran berubah, sertaa satu variabel terikat yaitu ketrampilan servis atas bola voli, Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik tes dan pengukuran. Tes yang dilakukan untuk pengambilan data penelitian yaitu tes kemampuan servis atas. Sebelum analisis data dilakukan terlebih dahulu data diuji tingkat reliabilitasnya dan dilakukan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji linieritas data kemudian di uji perbedaan. Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan servis atas menggunakan sasaran tetap dan sasaran berubah terhadap ketrampilan servis atas dalam permainan Bola voli pada siswa putera putera SMP Negeri 1 Papar tahun 2015, Dari hasil uji perbedaan yang dilakukan terhadap hasil tes akhir pada kelompok 1 dan kelompok 2, diperoleh : = 5.744 > =2,145. (2) Metode latihan servis atas bola voli menggunakan sasaran tetap ( ) memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada latihan servis atas menggunakan sasaran berubah ( ), terhadap ketrampilan servis atas bola voli, pada siswa putera putera SMP Negeri 1 Papar tahun 2015. Peningkatan kemampuan servis atas bola voli kelompok 1 ( kelompok yang mendapat perlakuan latihan dengan menggunakan sasaran tetap) = 53.1915% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan latihan servis atas menggunakan sasaran berubah) = 28.5714%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

-0001-11-30

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI