PENGARUH METODE RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI (STUDI PADA SISWA PUTRA SMK PGRI SOOKO MOJOKERTO) TAHUN 2016


Author (Penulis)

HENIK PURWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0999

Abstract

"ABSTRAK Henik Purwanti. NPM. 11.1.01.09.0999. Pengaruh Metode Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Permainan Bolavoli (Studi Pada Siswa Putra SMK PGRI Sooko Mojokerto) Tahun 2016. Skripsi. Penjaskesrek, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PPGRI Kediri. 2016. Kata kunci: Metode resiprokal, belajar passing bawah, permainan bolavoli Tujuan pendidikan dapat dicapai salah satunya dengan mengajarkan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah, yang mencakup berbagai kompetensi dasar seperti permainan dan olahraga, aktifitas pengembangan, aktifitas senam, aktifitas ritmik, aktifitas air, pendidikan luar kelas dan pendidikan kesehatan. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bertujuan untuk mengembangkan perilaku siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor, sehingga melalui pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan diharapkan siswa dapat mengalami perkembangan baik dalam perilaku maupun keterampilannya. Adapun tujuan penelitian yang diharapkan sesuai dengan rumusan masalah diatas maka penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh metode resiprokal terhadap hasil belajar pada siswa SMK PGRI Sooko Mojokerto tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. “Suatu penelitian eksperimen pada prinsipnya dapat didefinisikan sebagai metode sistematis guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat (causal-effect relationship)”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test and post-test group. Di dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan observasi sesudah eksperimen disebut post-test. Perbedaan antara pre-test dan post-test diasumsikan merupakan efek dari treatment atau perlakuan eksperimen. Berdasarkan pengujian data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Ada pengaruh metode resiprokal terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa SMK PGRI Sooko Mojokerto tahun 2016. 2. Penggunaan metode resiprokal dalam pembelajaran passing bawah bolavoli pada siswa SMK PGRI Sooko Mojokerto tahun 2016 mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan kesimpulan yang telah diambil, maka para guru disarankan melaksanakan hal-hal sebagai berikut: (1) Memberikan pembelajaran permainan bolavoli pada siswa dengan menggunakan metode resiprokal. (2) Penelitian ini dilaksanakan secara hubungan statistik, maka dari itulah diajukan bagi siapa saja yang ingin melakukan penelitian serupa, tetapi dengan jumlah sampel lebih besar. "

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-26

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI