PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA KELAS X SEMESTER 1 DI SMK NEGERI 1 GROGOL


Author (Penulis)

ARIF FAUZUL ADHIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0978

Abstract

ABSTRAK ARIF FAUZUL ADHIM : Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani pada Kelas X Semester 1 SMK Negeri Grogol. Kata Kunci : Buku Ajar, Pendidikan Jasmani Buku ajar pendidikan jasmani merupakan salah satu bentuk sumber belajar. Pada waktu perkuliahan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) semester gasal 2009/2010, peneliti mengajar pada kelas X hampir secara keseluruhan. Buku ajar pendidikan jasmani tidak dimiliki SMK Negeri Grogol. Buku merupakan salah satu media yang memiliki kelebihan merupakan buku tertulis, ringan dan dapat dibaca dimana saja. Buku ajar dianggab penting sekali pada pembelajaran, oleh karena itu perlu sekali dikembangkan buku ajar pendidikan jasmani pada kelas X semester 1 di SMK Negeri Grogol. Tujuan pengembangan ini adalah untuk membantu mempermudah mempercepat dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment) dengan angket yang ditujukan kepada 30 siswa dan 2 guru pendidikan jasmani, serta observasi sekolah, 2) pengembangan rancangan produk, 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, 1 ahli media pendidikan jasmani, yang menghasilkan berupa produk awal, 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil, 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil, 6) uji coba lapangan pada kelompok besar, 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Berdasarkan hasil analisa dua guru pendidikan jasmani SMK Negeri Grogol, 87,2% menyatakan baik dan klasifikasi persentase antara 80 ? 100 % tergolong dalam klasifikasi valid (digunakan). Hasil analisa uji kelompok besar (uji lapangan) terhadap 30 siswa kelas X SMK Negeri Grogol, 79,8% menyatakan menarik dan klasifikasi persentase antara 80 ? 100 % tergolong dalam valid (digunakan). Produk pengembangan berupa buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan: 1) produk pertama yang menggunakan gambar subyek penelitian, 2) produk ini telah melalui tinjauan ahli, 3) produk ini dapat digunakan siswa dan guru pendidikan jasmani sebagai sumber belajar. Produk pengembangan berupa buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi pendidikan jasmani, serta dapat dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani di sekolah lain.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

-0001-11-30

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI