PERBEDAAN PENGARUHPEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN ALAT BANTU LONCAT TEGAK DAN LOMPAT KEDEPAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA SCHNEPPER PADA SISWA PUTRA KELAS XI MAN 3 KEDIRI TAHUN 2015
Author (Penulis)
ADEN RAMADHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.09.0965
Abstract
ABSTRAK
Aden Ramadha PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN ALAT BANTU LONCAT TEGAK DAN LOMPAT KEDEPAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA SCHNEPPER PADA SISWA PUTRA KELAS XI MAN 3 KEDIRI TAHUN 2015. Skripsi.Kediri :FakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasNusantara PGRI Kediri, Juli. 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1)Perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran lompat tegak dan lompat kedepan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya schnepper pada siswa putra kelas XI MAN 3 Kediri tahun 2015. (2)Manakah yang lebih baik antara pendekatan pembelajaran lompat tegak dan lompat kedepan terhadap hasilbelajarlompat jauh gaya schnepper pada siswa putra kelas XI MAN 3 Kediri tahun 2015.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswaputrakelasXI MAN 3 Kediri tahun 2015 yang berjumlah 30 orang.Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan pengukuran kemampuan lompat jauh gaya schnepper. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran lompat jauh dengan lompat tegak dan lompat kedepan terhadap kemampuan lompat jauh gaya schnepper pada siswa putra kelas XI MAN 3 Kediri tahun 2015.Dengan nilai perhitungan hasil tes akhir masing-masing kelompok adalah thit sebesar 3,24> nilai ttabel5% sebesar 2.145. (2) Pendekatan pembelajaran lompat jauh dengan lompat kedepan memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan lompat jauh gaya schnepper siswa putra kelas XI MAN 3 Kediri tahun 2015. Peningkatankelompok 1 (K1) sebesar18,01%, lebih kecil dari pada kelompok 2 (K2) yaitu 25,41%