Meningkatkan belajar passing bawah permainan bola voli menggunakan media bola plastik bagi siswa kelas VIIA SMP NEGERI 2 KUTOREJO Mojokerto Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

YUDA DEVI STYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.09.0782

Abstract

Olahraga bola voli merupakan sebuah bentuk permainan yang sangat menyenangkan, dimainkan oleh enam orang setiap tim. Tujuan permainan bola voli bukan hanya untuk rekreasi dan mengisi waktu luang tetapi juga berkembang ke arah kompetisi dan prestasi. Pembinaan prestasi bola voli pada usia dini sangat penting pada suatu cabang olahraga karena pada anak usia dini perkembangan gerak sangat pesat dalam mengembangkan keterampilan dan bakat yang dimilikinya. Penelitian ini dilatar belakangi karena keingintahuan peneliti tentang meningkatkan belajar bola voli menggunakan media bola plastik bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kutorejo Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana aktifitas guru dan siswa, (2) bagaimana respon siswa? (3) bagaimana pengaruh penggunaan media bola plastik dalam dalam upaya meningkatkan belajar passing bawah permainan bola voli bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kutorejo? Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang masing-masing pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan refleksi dan revisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kutorejo sejumlah 28 anak. Tehnik pengumpulan data yang diambil dalam penelitian ini adalah: Tes unjuk kerja (psikomotor), Pengamatan sikap (afeksi) dan Kuis (kognisi). Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi hasil kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitia ini adalah: 1) Aktifitas guru dan siswa dapat meningkatkan permainan bola voli pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan menggunakan media bola plastik di Kelas VII A SMP Negeri 2 Kutorejo dari data diketahui aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67 %, siklus I sebesar 88.89 % dan siklus II sebesar 100.00 %, sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I sebesar 55.56 % dan Siklus II sebesar 88.89 %. 2) Respon siswa dalam meningkatkan permainan bola voli pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan menggunakan media bola plastik di Kelas VII A SMP Negeri 2 Kutorejo meningkat. Dari hasil observasi diketahui bahwa peningkatan respon siswa dari pra siklus 30.43 %, siklus I sebesar 71.43 % dan Siklus II sebesar 83.33 %. 3) Menggunakan media bola plastik dapat meningkatkan permainan bola voli di Kelas VII A SMP Negeri 2 Kutorejo. Hal ini diketahui dari Prosentase ketuntasan belajar (akumulasi dari prosentase aktifitas guru, aktifitas siswa dan aktifitas kegiatan pembelajaran) pada pra siklus mencapai 47.18 %, siklus I mencapai 71.96 %, dan siklus II ketuntasan belajar yang dicapai menjadi 90.74 %.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI